https://www.facebook.com/nurul.jahidah.3

Do you want to work in Singapore? 「Workshop in Japan」

Kategori │seminar

Untuk kamu kamu yang kangen dengan tulisan ku pede abis kangen tuh ama orangnya.
Yang nanyain "sekarang ko jarang nulis ?"
Here we go...~~~

Hari ini kamis 23 November, hari libur nasional negara Jepang. Aku manfaatin waktu untuk gabung dalam acara workshop.
Workshop ini cukup unik. aku dapat undangan temen dari Malaysia "thanks so much Jocelyn for invite me(⌒‐⌒)" ku harap dia membaca artikel ini hehehe
diskusi tentang perbandingan cara bekerja di Singapore dan cara bekerja di Jepang.
Diskusi ini dimulai dengan Ice breaking sesama member yang datang.




Sae (Japan) Gloria (Singapore) Soumi (India) and me (Indonesia) group discussion

Ice breaking with Aki san (Japan)

Setelah sesama member cukup akrap dan saling mengenal satu sama lain langsung kita ke acara intinya.




Singapura adalah negara yang secara ekonomi unggul yang terus-menerus menjadi juara di "World Business Environment Ranking" yang diumumkan oleh Bank Dunia setiap tahun. Dalam workshop berbentuk diskusi panel dengan guest orang Singapore.






Guest : Gloria Lim
belajar psikologi (mayor) dan bahasa Jepang (minor) di Calgary College di Kanada, setelah lulus, magang satu tahun di Divisi Internasional Pemerintah Hokkaido. Saat ini bekerja sebagai ALT mengajar bahasa Inggris untuk anak-anak di Kota Fujieda setelah bekerja sebagai community service di YMCA di Singapura.

Yang pasti banyak pengetahuan yang bisa didapat. Komunikasi yang kami gunakan dalam bilingual bahasa inggris dan bahasa Jepang. Dalam artikel ini aku coba untuk menuangkan ke dalam bahasa Indonesia. Sehingga aku bisa sajikan artikel ini dan kamu bisa menikmatinya. So sweet banget gueee






Apa saja kelebihan bekerja di Singapura daripada di Jepang.
↠ Di Singapura tidak ada upah minimum, pendapatan bulanan 200.000 yen 「mata uang jepang kalau dalam rupiah sekitar 25juta lebih tergantung kurs mata uang」akan tetap segitu walaupun tidak ada kerja lembur.
↠pemberhentian karyawan reguler jauh lebih mudah daripada di Jepang. Di lingkungan seperti itu pekerja merasa kasihan? Tidak, sebenarnya justru sebaliknya. Di Jepang setelah kamu masuk sebuah perusahaan, perusahaan itu seperti "Tuhan" bagi orang Jepang.
↠di Singapore Tingkat perolehan liburan adalah 93%, liburan jangka panjang dua minggu atau lebih umum terjadi, dan ini adalah lingkungan kerja yang moderat dibandingkan dengan Jepang. Libur panjang di jepang jangan harap kamu bisa dapatkan dengan mudahnya.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa etos kerja penduduk Jepang memang tinggi. Tak heran berbagai produk yang dihasilkan bisa mendunia. Namun dari sudut pandang lain cara kerja maupun upah gaji seperti yang di terangkan di atas ternyata Jepang masih kalah dengan Singapura.

Beberapa minggu lalu akupun sempat memposting di medsos dari berita berbahasa Jepang mengenai Bandara international terbaik yaaa Singapore lah yang menduduki peringkat pertama disusul oleh bandara international korea baru peringkat ke 3 di duduki oleh bandara international Haneda Tokyo Japan.

https://www.msn.com/ja-jp/news/opinion/%e3%80%8c%e5%bf%ab%e9%81%a9%e3%81%ab%e7%9c%a0%e3%82%8c%e3%82%8b%e7%a9%ba%e6%b8%af%e3%80%8d%e3%83%a9%e3%83%b3%e3%82%ad%e3%83%b3%e3%82%b03%e4%bd%8d%e3%81%ab%e7%be%bd%e7%94%b0-%e9%96%a2%e7%a9%ba%e3%82%826%e4%bd%8d%e3%81%ab/ar-AAurYL4?ocid=SK216DHP#page=2


Bulan April tahun ini 2017 alhamdulilah aku berkesempatan menikmati bandara international Changi singapore maupun Haneda Tokyo Japan. Memang lebih luas bandara international singapore dan fasilitas yang ditawarkan oleh bandara Changi singapore memang seperti surga dunia. Semoga di lain kesempatan bisa berkunjung ke bandara korea yang menempati peringkat ke 2. Tapi mo ngapain ke sana?? Ketemu oppa?? Whose know hahaha.

Bagaimana?? Tertarik bekerja di Singapore aku sarankan bahasa inggris nya di latih ya karena mayoritas menggunakan bahasa inggris. U know laaahhh hahaha. Thanks for reading my blog until end. See U.






  •