https://www.facebook.com/nurul.jahidah.3

Mereka sekolah tinggi bukan untuk berkarier tapi “mendidik anak” itulah karier mereka yang tertinggi.

Kategori │生活(Kehidupan di Jepang)

Artikel ini saya ambil dari sebuah halaman Facebook yang menceritakan tentang maju nya Jepang karena peran ibu pendidikan. Bisa untuk motivasi pada generasi muda Indonesia. By familyguideindonesia


Di Jepang ada namanya “kyoiku mama” (ibu pendidikan) para ibu di Jepang rata-rata tidak bekerja, tapi hanya untuk mendidik dan mengurusi anak2 mereka mulai bangun, berangkat pulang sekolah, kursus, les, sampai tidur lagi, semuanya di bawah didikan sang ibu.

Para kyoiku mama ini menanamkan kesopanan, kebersihan pada anak mereka, rata2 mereka lulusan S1/S2. Mereka sekolah tinggi bukan untuk berkarier tapi “mendidik anak” itulah karier mereka yang tertinggi.

Dan kemajuan ekonomi Jepang adalah karena ditopang oleh kyoiku mama ini makanya tidak heran kalau orang Jepang itu disiplin, etos kerja tinggi, menjaga kebersihan itu semua hasil didikan para kyoiku mama, sehingga sekolah hanya untuk menstransfer ilmu saja.

Sementara “Ryousai kenbo” adalah slogan yang kembali digalakkan pemerintah Jepang, istilah ini muncul di jaman restorasi Meiji dan banyak dianut keluarga Jepang untuk mewujudkan keluarga harmonis ideal.

Ryousai: istri yg baik
Kenbo: ibu yang bijaksana

Intinya menyerukan bahwa wanita peran terhormat sebagai istri yang baik dan bijaksana, pembagian peran alami sesuai fitrah antara perempuan dan laki laki.

Peran perempuan sebagai menteri dalam negeri dan motivator domestik rumah tangganya dan peran lelaki jadi menteri luar negri keluarganya sebagai motivator logistik dan publik.

Di Jepang peran ini kembali digalakkan karena sekarang perempuan memilih melajang menjadi wanita karier sehingga presentasi pertumbuhan penduduk muda usia produktif di negara mereka menurun.

Tentu saja kasus kekerasan remaja dan bunuh diri di Jepang pada usia sekolah terus bertambah karena tidak terpenuhinya kualitas hubungan ibu dan anak yang menunjang pertumbuhan emosi anak.

Jadi wajar pemerintahan Jepang sangat memberi tempat terhormat pada peranan ibu rumah tangga yang berkualitas, karena kemajuan bangsanya kelak pun tetap ditopang oleh kualitas ibu-ibu rumah tangganya sebagai pembentuk kualitas karakteranak anak mereka.

Sungguh luar biasa, “ibu rumah tangga adalah profesi idaman” di Jepang. Bagaimana dg kita? share yukk kepada teman-teman kamu yang wanita betapa bangga nya menjadi seorang wanita




Foto bareng ibu saya hehe.. walaupun beliau tidak bergelar pendidikan tinggi namun apapun kondisi beliau. Beliau tetap ibu saya sampai kapan pun karena sudah membesarkan saya hingga menjadi sekarang. Terima kasih ibu.




  •  

    Tehnik "ducth tilt" fotografi yang mungkin belum banyak orang tau

    Kategori │Hobby special

    Akhir akhir ini memang seni fotografi yang sedang aku gandrungi adalah kebanyakan ke Human interest...
    Komunikasi dengan banyak orang membuat tema yang aku kerjakan mengarah ke situ.

    Sampai suatu saat kamera kesayangan, ku lepaskan sebentar dan berada di genggaman orang lain.. tapi aku rela ko seberapa menarik nya "dia" dan banyak orang lain menyukainya. Dia tetap milikku seutuhnya ..*tepok jidat ngomong apa sih gue kamera kan benda mati..semoga ini bukan karna virus jomblo ..*plakkk

    Intinya aku belajar dari temenku itu dengan teknik yang dia gunakan. Setelah aku searcing baru nyadar teknik yang di gunakan adalah tehnik ducth tilt ( pengambilan gambar miring )
    Ga tau dia nyadar atau tidak atau memang insting dia saja yang nalar. Entahlah....

    Inilah beberapa hasil nya..







    Model nya memang aku sendiri hehehe ^^V
    Tapi tehnik nya aku suka makasih ya maz Agus faradise..

    Model lain jg ada




    Dia adalah kembaran ku beda bapak beda ibu...
    Kita di pertemukan di daerah Omaezaki Japan saat International culture exchange




    Kembali lagi ke masalah tehnik tadi, dengan cara memiringkan kamera pada satu sisi sehingga subjek yang tadinya vertikal atau horizontal terlihat diagonal. MenGunakan low angle shot membuat hasil jepretan makin dramatis karena kesan dari garis diagonal itu sendiri.
    Garis horizontal akan menimbulkan kesan tenang, sedangkan garis vertikal mampu menimbulkan kesan permanen dan penyetabil.




    Sampai di situ saja coretan hari ini tentang tehnik yang aku pelajari dari temen. Semoga bermanfaat.



  •  

    Mahasiswa Indonesia muda pekerja keras, berpendidikan dan hobi Traveling keliling Dunia

    Kategori │University life

    Bulan Maret di Jepang adalah bulan di mana para pelajar merayakan kelulusan nya. Mengundang rekan dekat, sahabat bahkan orang Jepang yang telah berjasa. bagi mahasiswa asing itu hal yang wajib untuk di lakukan.


    Seperti yang sudah aku utarakan di artikel sebelumnya. Kali ini akan ku bahas tentang kelulusan salah satu instansi pendidikan di Jepang.
    Dan lebih seneng lagi karna aku mendapat undangan khusus dari Senpai yang hari Selasa, 7 Maret 2017.
    Telah di nobatkan lulus sebagai mahasiswa Kokusai kotoba Gakuin senmon gakkou.





    Selain sambutan-sambutan dari para sensei. Acara di isi oleh seluruh mahasiswa sendiri.
    Ada 4 macam bahasa yang mewarnai penampilan para lulusan di sini

    1. Bahasa Jepang
    2. Bahasa Inggris
    3. Bahasa Korea
    4. Bahasa China

    Dan memang ke 4 bahasa itu target pasar ekonomi dunia. Yang pasti selain bahasa Jepang para lulusan memang di bekali dengan bahasa diatas. Dan tergantung minat para mahasiswa nya yang akan mereka kembangkan.

    Saat mereka performance hanya bahasa Jepang dan bahasa Inggris saja yang bisa ku tangkap..secara aku kan ga belajar bahasa Korea dan China. Hehe

    Destira Soraya salah satu mahasiswa Indonesia yang lulus dalam pergelatan ini. Yang di Indonesia nya sudah menempuh study m di Universitas Pajajaran Bandung. Dengan gelar Sarjana hukum makanya jangan coba-coba debat ama doi kalau ga kalah, kamu bisa jadi malah jatuh hati ... eaaaaa.

    Hobi nya Traveling dan menurut penuturan nya yang wajib di coba dalam Traveling adalah berbagai makanan khas disana. tak tanggung-tanggung berbagai negara doi jajaki.. seperti


    Singapura,


    Malaysia,


    Thailand,


    Macau,


    Vietnam,


    Hongkong


    Camboja,

    mungkin masih ada yang belum aku sebutin.. Oiya Next sebelum pulang ke Indonesia. Rencana juga ingin ke Korea dan mampir Australia juga. Semoga Traveling nya menyenangkan yaaaaa..
    Duit nya dari mana ya?? Tentu saja kerja keras gaess !!! Apapun yang kamu mau asal kerja keras dan konsisten semua bisa!! Tinggal kesungguhan dari mu.

    Karna di Jepang memang memperbolehkan untuk mahasiswa asing study sambil freelance.. yang penting kamu bisa jaga kondisi kesehatan, mengatur waktu dan keuangan namun mahasiswa yang seperti itu sangat jarang di temui hahaha..


    Saat perfomance dengan bahasa Inggris nya di atas panggung tak salah memang pernah menyabet juara speech contest yang di selenggarakan sebelum kelulusan nya.






    Saat pengumuman pemberian penghargaan kak dedes begitulah panggilan nya maju lagi ke atas panggung. Beserta lulusan yang lain dari berbagai negara.



    Di Jepang memang sangat menghargai kerja keras dan ketekunan mahasiswanya di lihat dari banyak nya kategori penghargaan yang di sebutkan.


    Setelah semua selesai barulah para pengunjung dan lulusan bisa berbaur saling memberi selamat dan berfoto bersama.






    Acara pelepasan memang sudah selesai, namun setelah itu pesta sebenarnya baru di mulai. Di adakan di tempat berbeda dengan standar restoran international dekat dengan gedung kelulusan.
    Hanya para lulusan dan tamu undangan yang mengikuti acara ini karena berbayar
    .








    Dan aku salah satu yang beruntung karna dapat masuk dengan gratis hehehe makasih kak dedes
    Sukses terus ya.. karena setelah lulus Akan balik ke Indonesia memulai Karir baru nya. Tetap jaga silaturahim, maaf ya kalau aku ada salah selama bergaul...
    Don't stop Moving your dreams.


    Gimana gaess buat kamu kamu anak muda Indonesia mau kah belajar di luar negeri ga harus di Jepang, namun kamu bisa konsisten dan pulang untuk membangun bangsa. Indonesia kita tercinta.



  •  

    Band pelajar Indonesia memeriahkan kelulusan di Jepang.

    Kategori │University life

    Hari ini saya mendapat kehormatan untuk menghadiri pesta kelulusan salah satu Senmon Gakkou di Shizuoka. Selasa, 7 Maret 2017.

    国際ことば学院外国専門学校

    Tidak semua orang bisa berpartisipasi dalam acara ini, hanya tamu undangan saja yang bisa masuk alias acara ini berbayar. Keuntungan buat saya sebagai Kameraman (amatir hehe) dan blogger undangan, bisa masuk dan makan sepuasnya dengan gratis hehe.

    Acara nya sangat meriah.. sebagai jiwa blogger sudah pasti menangkap moment spesial adalah hal yang tidak boleh terlewat kan...
    banyak sekali yang ingin saya tuangkan dalam blog saya..

    Yang menarik di sini adalah band yang memeriahkan acara ini adalah pure anak-anak Indonesia. Mereka pelajar yang menyalurkan hobi dan bakat nya melalui musik. Selain membawakan lagu manca berbahasa Inggris maupun bahasa Jepang.. tak ketinggalan justru lagu2 Indonesia yang banyak di minati pengunjung yang hadir di lihat dari antusias pengunjung.. salah satu lagu yang mereka bawakan adalah

    Bento- Iwan Fals





    Di Shizuoka terdapat grup band yang anak-anak Indonesia di Shizuoka pasti tau.. di gawangi oleh kang Inan yang memang sudah tinggal menetap di Jepang dan abah Agung begitu panggilan nya...yang bulan ini juga lulus dari study nya..
    Ada pula studio musik khusus mereka. Saya pun di undang untuk datang ke studio mereka... terima kasih ya sudah mengundang lain kali kalau ada kesempatan insyallah berkunjung.





    Hari ini memang hari yang sangat berkesan, walaupun bukan hari kelulusan saya namun saya ikut menikmati euforia kebahagiaan ini. Terima kasih untuk kak Dedes ( Destira Soraya ).
    Yang sudah memberi undangan khusus untuk pesta kelulusan ini.. akan saya ulas khusus juga di artikel terpisah tentang upacara kelulusan Ka dedes karna ada hal menarik juga yang sayang untuk di lewatkan. Tunggu artikel berikut nya.. makasih gaesss sudah mampir blog Saya. Salam ceria ^^V




  •  

    Untuk mu Indonesia

    Kategori │University life

    Kita memang berbeda warna ,
    Entah merah ataupun hijau ataupun warna lain...
    Di dada kita tertulis kan Indonesia..
    Warna kita memang tak sama itulah keberagaman kita..
    Beda suku maupun budaya.
    Maupun agama...
    Namun kita berani berjalan di depan untuk Indonesia tercinta..

    Keberagaman itu lah yang menjadi kan Indonesia kuat di mata dunia.
    Toleransi dan saling menghormati pondasi kuat nya Indonesia.





    Di manapun kaki ini berjalan Indonesia adalah negeri Kita tercinta..

    #internatiolCulture exchage
    #japaneseculture
    #インドネシア紹介


  •  

    Mimpi melihat ka'bah di siang hari.

    Kategori │生活(Kehidupan di Jepang)

    Mimpi di siang bolong
    Seorang mutawif menjelaskan tentang maqom ibrohim dan sebelum melakukan towaf Aku melihat lampu hijau disisi kanan ku.. dan menara tinggi.. tp entah Aku lupa apa namanya

    Aku sempat berpisah sebentar dengan rombongan karna melihat sosok lelaki tinggi besar yang dalam bayangan itu adalah pangeran.. tak lama kemudian Aku bertemu rombongan lagi dan di ajak gabung dalam rombongan .




    Kembali ke crita Awal Aku pun melakukan towaf, setelah selesai Aku serasa menahan rasa berat di dada akhirnya Aku lepaskan rasa itu dengan tangisan luar biasa.
    Tangisan rasa Bersyukur Aku atas panggilan Nya..setelah itu Aku tak tau apa yang terjadi, semua itu ternyata Baru mimpi.
    Ternyata Aku masih terbaring di ranjang apartemen di negara Jepang ini.

    Ya Alloh apa kah Engkau Sudah mempersiapkan semua rencana itu untuk ku. Rindu Mekah. Maaf kan hambamu ini yang belum sempurna mencintai Mu. Namun sangat berharap kasih sayang Mu.


  •