https://www.facebook.com/nurul.jahidah.3

Kreativitas petani Jepang antara seni dan bertani

Kategori │Japans culture

Minggu kemarin lagi-lagi saya dapat undangan ke Hamamastu. Dalam rangka seminar jobs recruitment in Japan.
Nanti Akan saya bahas di artikel terpisah

Sebelum berangkat ke lokasi seminar, saya di ajak mampir dulu ke ladang sawah yang Akan di wariskan ke saya *juskidd haha




Untuk kalian yang tertarik dengan Bidang pertanian pasti senang melihat kreativitas petani Jepang yang tertuang di Lahan Sawah yang luas Ini.




Ini di sebut "Tanbo art 田んぼアート"
seni me lukis di sebidang sawah yang luas.

Tanbo art pertama kali muncul di Jepang tahun 1993 silam saat masyarakat Jepang Dari desa Inakadate prefecture Aoimori , yang terletak 600meter Dari Tokyo. Saat iTu petani mencari cara merevitalisasi saw ah di desa mereka.

Sejarah Nya pun cukup panjang. Banyak Persiapan yang di lakukan hingga Setelah tercipta dan dan Tanbo art juga berpotensi menjadi tempat wisata maka petani di lain daerah pun ikut mengambangkan Nya.

Seperti yang saya kunjungi saat itu




tanbo art di wilayah Hamamastu prefecture Shizuoka.







Ada beberapa mahasiswa asing Dari shizudai yang saat iTu berkunjung. Kami pun berbincang ria di tenda yang di siapkan pengelola.






Tanbo art Ini yang pertama kali saya kunjungi selama di Jepang sungguh menarik memang. Disitu di siapkan menatap dengan tinggi 2-3meter untuk bisa melihat Nya.




Untuk kalian yang ingin menikmati langsung seni ini bisa datang saat akhir musim panas .. Sekitar pertengahan september. selamat menikmati!










  •  

    Hujan iTu yang ku sebut "rasa"

    Kategori │Puisi




    hujan sederhana tawarkan kesejukan
    tak untuk rasa gerah ataupun
    untuk rasa panas
    inilah pengabdian pada bumi

    hujan tak akan gugurkan pohon yang tumbuh kerdil
    inilah kekuatannya ,
    kelak kau akan mengerti
    mengapa hujan seperti ini

    jadi diamlah
    mari kita nikmati hujan yang roboh ini..

    sejenak ku bernafas
    hari2 seperti roller coaster

    hadirkan aroma syahdu yg selalu menenangkan hati



  •  

    Terkadang memotivasi diri sendiri iTu lebih ngena, daripada mencari motivasi Dari orang lain

    Kategori │Memories

    renungan menanti adhan magrib waktu iTu.
    Senja hari di kota emmm Bukan Kota Tapi di salah satu desa di sukabumi.

    Kamu tau pilihan terkadang membuat pikiran tak karuan
    penentuan sikap itu yang jadi dasar mau dibawa kemana hidup ini
    keraguan hanya membuat pikiran negative merajalela
    trus harus gimana menghadapinya???

    yak... jurus ampuh ketika kita berhadapan dengan ketidakpastian
    adalah KEYAKINAN... serta dukungan dari orang yg dapat kita percaya
    Kamu tau siapa dia .. IBU, seorang ibu , aku yakin punya ikatan kuat pada anaknya.. ketika seorang ibu yakin dengan keputusan yg kita ambil maka tak perlu diRAGUKAN lagi

    just do it! nikmatilah ketidakpastian itu! tetap jaga niat! and action!




    hai kawan semakin banyak mengeluh semakin besar masalah yg kamu rasakan... padahal masalah sebenarnya ga besar2 amat hanya aja keluhan itu yg menyebabkn masalah semakin besar...

    cobalah untuk merenung ... tujuan kamu untuk hidup
    instrofeksi diri bisa jadi kunci untuk membuka cakrawala pikiran ini
    yg terpenting sandarkanlah diri dan fikiran ini pada ALLOH

    Jangan salahkan sekeliling untuk problem yg timbul
    itulah hidup .. semakin banyak masalah semakin hiduplah hidup ini
    jadikanlah itu ... our's adventure .. sebuah tantangan untuk mendewasakan diri di masa yg akan datang..

    tak ada manusia yg sempurna...
    Tapi diantara mahkluk ciptaan ALLOH manusialah yang paling sempurna.

    #renungan sebelum tidur... Lebih tepat Nya kata-kata Ini Aku tulis 4tahun yang lalu 2012 tanggal 23 bulan 9. Facebook yang mengingatkan Ku kembali.
    Dan foto di bawah Ini ketika Aku menjalankan tugas sebagai perawat di Sukabumi di salah satu Klinik yang ramai di sana.




    Saat Aku membersihkan ganglion pada pasien yang terkena diabetes Melitus . Bau busuk Nya yang pasti semua orang tak Mau Mencium Nya.



    Foto Ini 2 tahun Setelah kata-kata di atas di tulis . Foto dengan teman-teman baru di sekolah Jepang KKG.



    Yang Ini di ambil di koen terkenal di Shizuoka
    Foto di belakang kastil Jepang Shizuoka ...
    Niat banget ya pake ballon ... Thanks Buat yang fotoin n bawA ballon Nya.. Hahaha






  •  

    Semangat baru tantangan baru di Universitas Jepang

    Kategori │University life

    Setelah dua bulan libur musim panas akhirnya kembali ke rutinitas yang penuh tantangan.
    Semester kemarin Aku ambil 20 ska Melihat hasil hasil nilai satu semester kemarin nampaknya Kedepan Aku Harus lebih Semangat lagi ... Ada 2 mata pelajaran dapat Nilai S( 90 ) dan A (80)satu mapel . Yg lain standard .

    Satu Nilai yang mengecewakan Aku gagal dan Harus ngulang.. Lebih tepat Nya Harus nyari Nilai tambahan untuk meningkatkan Nya lagi... Dan Ini pelajaran yang tak Ada greget Nya sama sekali ... Menurut Ku. Tapi Menjadi pelajaran Wajib sampai Nanti Aku lulus





    .InilAh ruangan Nya. Banyak yang gagal .untuk mahasiswa asing hanya 2 yang lulus dan itu pun dapat C(60-69)

    Sebagai mahasiswa asing di Jepang ga gampang lo.. Tiap pelajaran pastinya penuh dengan ribuan kanji.. Dan iTu kamu Harus faham maksudnya.. Jadi untuk dapat Nilai S atau A sangat sulit . Dan lebih sakit hati Nilai dimana Aku yang gagal absensi 100%duduk sudah paling depan tiap pelajaran Ini.

    Pagi Ini pun tidak sengaja bertemu dengan Sensei mata pelajaran Ini. Sempat ngobrol panjang lebar yang intinya beliau minta maaf Karna hasil ujian Ku Nilai Nya di bawah standard. Sensei Nya memang baik Namun memang Standard kelulusan Sensei satu Ini tinggi. Waaah kecewa sih Tapi banyak temen Nya hahaha.. Yang paling penting Sekarang adalah mood untuk belajar kembali normal dan Siap bertarung lagi..yakin n????

    Nb: semester Ini Aku dapat zemi Sensei (Wali kelas) yang kibishi (strength) banyak masukkan Dari temen yang sudah pernah ngambil kelas nya. Sensei Ini kurang suka sama mahasiswa asing ,Kalau kamu telat di kelas beliau, kamu bakal langsung di Marahi depan kelas.
    3kali kamu tak masuk maka kamu out Dari kelas Nya ... Oh my goodness 180%berbeda dengan zemi Sensei Ku semester kemarin... Musik horror pun terdengar .. Dan suara keras pintu tiba2 tertutup ...JEDEERRR@&@#+*=€£$><~|\•€>?


  •  

    Kebawa mimpi

    Kategori │生活(Kehidupan di Jepang)



    Taifu no 16 kemarin sampai kebawa mimpi.. Melihat banjir depan mata untung Nya iTu hanya mimpi ...

    Namun ternyata terjadi juga di belahan daerah lain di Kyushu selatan Jepang .. Kemarin Dari pagi Hingga malam Jepang si guyur hujan Aku pun tak keluar apato di siang sampai sore Hingga malam menjelang iTu pun Karna Harus baito.
    Tau Sendiri Etos kerja orang Jepang Kalau kondisi masih bisa memungkinkan untuk kerja Iyang Harus berangkat. Pekerja I Tu no 1.

    Ngeri juga sih Kalau di bayangin sampai ke bawa mimpi... Tapi alhamdulilah Hingga Sekarang pun masih dalam lindungan Alloh. Bukan lebay tapi beruntung lah yang tinggal di daerah-daerah aman... Klo banjir jakarta mah seperti Nya belum Ada apa-apa Nya di banding taifu Jepang yang tiap tahun datang melanda... Blom lagi Kalau Ada tsunami lebih Serem lagi... Naudzubilah mindhalik jangan sampai kena ya... Banyak doa penjagaan agar di mana pun kita berada selalu dalam lindungan Nya


  •  

    企業訪問「Marukami corporation ,Suzuyo&Co.,Ltd」

    Kategori │University life

    企業訪問を参加しました。
    二つの会社で見学時びっくりしたことがありまして、すごく大きな会社を作っただ!












    アメリカや
    中国や
    インドネシアにも
    この会社があります。








    本日、たくさん学ぶことをしました。
    自分の将来ははっきりまだ決めてないですが、その経験のおかげで、自分の考える方はどんどん増えています。
    良い将来が見られます。




    卒業したら、どこかに仕事したい決めた方がいいと思います。この間にたくさん勉強して、自分の決めた会社で頑張って仕事しようと思っています。うん頑張りましょう☆*:.。. o(≧▽≦)o .。.:*☆



  •  

    Keresahan di Gunung Fuji ''tak pernah mendaki bodoh mendaki dua kali bodoh sekali''

    Kategori │Hobby special

    Biasanya kalau menulis di blog sehari atau dua hari setelah kegiatan seru aku jalanin langsung ku tulis. namun ini beda. artikel ini telah aku sunting beberapa kali karena ada hal yang benar-benar diperhatikan. sampai salah nulis atau salah upload foto bisa-bisa nama ku di pertaruhkan hahaha... yang tau pasti ngerti hehehe

    cerita ku ini tentang kesakralan Gunung Fuji. seperti semua orang tahu Gunung fuji yang menjadi Icon negeri matahari terbit ini. menarik para wisatawan lokal maupun international. sebelum nulis artikel ini aku pun mencoba membaca cerita para pendaki lain entah itu dari orang Indonesia maupun artikel berbahasa jepang sendiri.

    yaaa,, aku hanyalah pendaki amatir yang ingin mencoba atmosfer Gunung Fuji. impian ku ini sudah ada sebelum aku menginjak kan kaki di tanah Jepang ini.

    pengalaman pertama ku ini mungkin akan membuka pikiran mu tentang bagaimana gunung Fuji menarik seluruh pendaki di seluruh dunia ini...
    pendaki amatir pengagum segala keindahan yang Tuhan ciptakan di dunia ini.
    bagaimana tidak, Fujisan yang tersohor di seluruh dunia hingga dinobatkan UNESCO sebagai warisan budaya dunia. banyak puisi serta sajak yang tercipta karna melihat ke indahan Gunung Fuji.

    Yaa... dengan melihat Gunung Fuji dari jauh, segala imajinasi indah menari-nari di kepala hingga bagaimana kalau menginjakkan kaki di Puncak tertinggi Gunung itu. hingga tiba saat itu.

    Sabtu, 27 Agustus 2016 akhirnya keinginan itu terjawab..


    ini mau ndaki atau jalan ke mall cuy

    setelah pulang dari arubaito subuh 4:30AM. aku pun berusaha untuk memejamkan mata agar saat mendakian nanti kondisi ku bisa fit. jam 08:00am alarm membangunkan ku tanda aku harus siap-siap pergi karna jam 9:00 am bus menuju jalur fujinomiya harus brangkat.
    yang benar saja berarti aku tidur 3 setengah jam di hari itu. karna di bis pun saat menuju jalur fujinomiya aku ga bisa tidur.oohh tidak!!!



    kami memang berencana untuk pendakian malam pukul 19:00 sambil menunggu temen yang mendadak harus ikut seminar dengan sensei nya.






    namun melihat cuaca yang di guyur hujan deras nampak nya tak mungkin dengan cepat kita bisa menuju puncak. maka waktu keberangkatan kita percepat di sore hari. lagipula temen yang ikut seminar tadi sudah biassa naik gunung, jadi pasti dia juga akan cepat menyusul kita di post selanjutnya.

    sebelum naik kita sudah cukup istirahat, sudah makan udon .. by the way udon yang biasa aku makan dengan harga 300yen di sini di jual 800yen hampir harga nya 3kali lipat.. dan rasanya pun biasa aja hahaha.






    yang beli bertiga saja ,kita makan bareng-bareng nikmat nya jadi beda nikmat kebersamaan gitu deh haha.

    ok semua siap ?? lets go!!!!





    wait... wait... tiba-tiba beberapa langkah menginjakkan kaki ini di gunung fuji.. ada sesuatu yang membuat berat langkah ku.. dan seperti hantaman berat ke kepala ku sakit.. lemah tubuh ku.. ini serius.
    kata temanku muka ku pucat. yang tadinya temen2 di depan mereka balik untuk melihat kondisi ku.

    mungkin aku sudah kehilangan kesadaran dalam beberapa detik setelah temen menyadarkan ku
    ''heii rul kau tak apa-apa?'' aku pun duduk dan kenapa dengan ku kepala berat sekali rasanya.
    dengan tenaga yang ada aku berusaha berdiri dan melanjutkan perjalanan. aku yakin kan diri ku aku harus kuat sampai tujuan. oh my God altitute sickness!!?

    dalam perjalanan ku ini ku jumpai juga anak anak kecil ..
    dan ini pemandangan biasa..
    dalam benak ku pun berdendang lagu iwan fals




    "Anak sekecil itu berkelahi dengan waktu
    Demi satu impian yang kerap ganggu tidurmu
    Anak sekecil itu tak sempat nikmati waktu
    Dipaksa pecahkan karang, lemas jarimu terkepal"

    lalu aku tampar pipiku dan lenyaplah lagu itu. saat nya aku dan teman-teman melanjutkan perjalanan ke barat mencari kitab suci puncak tertinggi gunung Fuji.

    titik klimaks perjuangan, kami rasakan saat di post 7 dan menuju ke post 8 saat hujan deras di malam hari.
    sedangkan ada anak kecil yang menggigil kedinginan. saat itu pula kami mencari bantuan untuk berteduh dan menginap ( di Fuji tidak di perbolehkan untuk mendirikan tenda melihat kondisi geografis gunung fuji).
    tapi di setiap post ada penginapan sederhana. namun saat itu kami tidak di ijinkan untuk menginap dengan alasan full di post 7. aku pun membujuk sekali lagi ini untuk anak kecil. selain itu juga aku coba untuk meminta air hangat di situ pun penjaga menjawab tidak ada. dimalam hari sangat tidak boleh berisik, itulah mannar di seluruh jepang.

    tega sekali pikir ku saat itu. tak mungkin kami berdiam diri dalam kondisi hujan serta dingin nya malam itu. mau tidak mau kamipun lanjutkan perjalanan dengan penuh kepasrahan terhadap Tuhan semesta Alam.
    dan kami yang masih di post 7 berusaha menghubungi yang lain untuk mempersiapkan penginapan di post selanjutnya. ( di seluruh Gunung fuji tersedia wifi gratis kalupun tidak bisa sinyal di seluruh gunung pun kuat. inilah kecanggihan Jepang yang kurasa disini )

    positif thinking aja dengan kondisi seperti ini tak ada air hangat tak ada tempat berteduh
    '' orang jepang sendiri segala sesuatu memang harus di persiapkan dengan matang,maka segala nya akan baik-baik saja'' itu pemikiran dari sudut pandang mereka tapi berbeda dengan yang kami alami saat itu,,,









    Gambar di ambil saat Turun gunung saat cuaca cerah.


    trek dari post 7 ke post 8 jangan membayangkan banyak nya pepohonan suara jangkrik yang saling sahut menyahut, gemericik air terjun berdendang di telinga .. lupakan itu semua!!! ini Gunung Fuji di Jepang yang 1/3 bagian akan tertutup salju di musim dingin. bukan Gunung Lawu di Indonesia ataupun Mahameru.
    dalam trek ini yang ada hanyalah bebatuan yang seperti karang di lautan terjal dan apabila tidak pandai memilih pijakan maka nyawalah taruhan nya. perjalanan malam hari di tambah hujan yang sepanjang hari membuat seluruh badan basah kuyup walau memakai jas hujan sekalipun.

    ada beberapa yang berangkat duluan bukan berarti meninggalkan tapi mereka yang menyiapkan tempat saat rombongan yang terakhir sampai di post sebagai contoh






    menyiapkan tempat solat waktu kita nyampe di post 7 dan tempat penginapan di post 8. kerja sama team yang hebat !!!!! (big hug)


    waktu itu aku berfikir ini trek pendakian Gunung atau wall Clambing??? parah bener... aku berada di rombongan yang akhir .. kalau kalian mau bilang aku lemah .. ya ku jawab aku lemah,,
    namun aku punya rekan-rekan hebat yang senantiasa memberi bantuan nya saat titik terlemah ku.. thanks so much prends!!

    dan yang tadinya aku ga suka yang namanya permen saat ndaki itu sepanjang perjalanan aku ngemut preman permen. dan itu sangat membantu karna asupan glukosa yang masuk ke tubuh.




    saat ada tulisan 200m lagi menuju post 8 hati rasa nya seneng tapi kenyataan nya seperti satu kilometer lagi dengan medan seperti itu... (mungkin yang nulis 200m itu di ukur lurus aja kali yak)

    melihat sebuah lampu pondok seperti nya itu post yang kami tuju sepertinya sudah dekat, jalan dan terus jalan dengan 5 kali langkah sesekali istirahat sangat berat nafas ku. pernah aku paksakan jalan cepat alhasil aku justru koalahan sendiri kepala tambah pusing dan badan semakin lemas.
    lampu itu seperti fatamorgana di gurun pasir...
    seperti Pemberi Harapan Palsu (PHP).. daasar ya cowok wkwkw
    dari tadi jalan tapi tak sampai-sampai juga..

    tinggal beberapa meter lagi aku justru mengalami hypothermia
    hypothermia suatu kondisi darurat medis di mana tubuh tidak sanggup mengembalikan suhu panas tubuh karena suhunya terlalu cepat turun.. karena pejanan dingin suhu sekitar.
    . lemas, nafas pendek dan pelan. mengantuk luar biasa.. aku pun sempat tertidur di atas tebing-tebing itu, ya itu sangat bahaya..!!!!! sampai seorang teman memanggil-mangil ku baru aku bisa sadar kan diri dan melanjutkan langkah ku dengan sangat berat..

    entah ini di alami aku saja atau yang lain juga..
    namun aku melihat teman-teman ku luar biasa salut untuk mereka...

    yap akhirnya tengah malam kita sampai di mana yang di sebut hotel ...
    mungkin itu hotel termahal dan tertinggi di atas 3250dpl (di atas permukaan laut).
    hotel yang di mana kita tidak bisa memesan makanan
    hotel yang cuci muka saja tidak bisa
    hotel yang satu kamar di huni oleh 6 orang.
    ini hotel apa barak tentara..??

    dan kita harus mengeluarkan 6500yen(700rb) untuk melepas lelah beberapa jam saja..
    pesan untuk kalian yang ingin mendaki gunung fuji selalu bawa uang tunai lebih.
    bukan nature heritage lagi nih tapi culture heritage ...hehehe

    maaf kawan karna harus membangunkan saat nafasku sangat butuh oksigen..
    setelah bangun tidur aku terpaksa menghirup bantuan oksigen hingga turun gunung .. konyol sekali hahaha

    perjalanan ke puncak tinggal 500meter lagi namun hujan deras dan kondisi tidak memungkinkan lagi.



    walaupun begitu di post ini kita bisa melihat sunrise... waooooo dan kita di atas awan kawan!!!!
    lupakan sejenak perjuangan tadi malam ini saat nya menikmati jerih payah kita kawan!!






    Dengan membawa indonesia kita mendaki gunung Fuji dengan Selamat. Pencapaian dan kerja sama luar biasa







    jam 07.00 am saat nya kita harus turun karena harus mengejar bus jam 11:30. tadi nya aku ragu apakah dalam waktu sekitar 4 jam-an bisa turun melihat kondisi ku yang masih lemah.. saat di area gunung aku tidak pernah mengatakan '' aku tidak bisa'' namun aku selalu berkata '' aku akan berusaha''. itu satu-satu nya yang bisa ku lakukan sambil berusaha menjaga agar tidak pingsan saja. itu konyol!!!! kalau aku ingat lagi jalan ku seperti siput yang harus balapan dengan kancil si pencuri timun.

    walaupun kalian tak bisa berbahasa jepang namun ada kata-kata yang wajib kalian tahu saat berjumpa dengan pendaki lain nya.
    ohayou gozaimasu : selamat pagi
    konnichiwa : hallo/ selamat siang
    ganbatte kudasai : semangat
    otsukaresamadesu : ucapan setelah sesuatu kerjaan selesai di kerjakan.


    ''aku akan berusaha'' itu seperti mantra saat ku tak berdaya.. dengan lunglai nyampe bawah sekitar pukul 10:30 .. yeeayy keburu..!! masih ada waktu .
    di situ aku masih merasakan nafas yang berat dan aku masih sering menghirup oksigen itu. rasa nya pengen kembali ke shizuoka kembali ke alam ku sendiri.
    Gunung fuji seperti alam lain buat ku.. '' jangan paksakan ikan untuk memanjat pohon''
    mungkin itu peribahasa yang cocok untuk ku saat itu hahaha






    perjalanan pulang aku tertidur lelap, sesekali terbangun mendengar suara pak sopir yang menunjukkan kita sampai di mana dan suara dari dalam telinga ku yang sakit luar biasa saat ketinggian gunung mulai berkurang..

    saat di shizuoka aku merasa kembali jadi diri ku sendiri ceria gitu deh.. sampai-sampai ada pula yang menegur ''udah ceria lagi nih sekarang'' hingga ku jawab '' Gunung fuji itu seperti dunia lain buat ku'' hahaha

    ada pepatah jepang mengatakan 
    富士山にまつわる 「一度も登らぬ馬鹿に二度登る馬鹿」 ''`ichido mo noboranu baka ni nido noboru baka'' yang artinya mendaki Gunung fuji sekali pun di anggap bodoh mendaki dua kali itu juga bodoh


    kalau kita menelan mentah-mentah arti dari pepatah itu, betapa bodoh nya aku dan ribuan orang-orang yang sudah mendaki di Gunung fuji itu. setelah ku cari dan kucari apa maksudnya itu.. aku tahu bahkan aku pun sudah mengalami sendiri betapa bodoh nya aku..hahaha

    ini penjelasan nya :
    '' kalau kamu tidak sekali pun naik gunung fuji padahal dari jauh pun terlihat indah kau bodoh. kenapa tidak mencoba nya??. jika dua kali kau naik kau akan tetap bodoh, kenapa? karena ketika naik kau tau gunung fuji sepanjang perjalanan yang kau nikmati dengan pelan padahal tak ada pohon ataupun bunga yang menghiasi di sepanjang perjalanan. hanya gurun pasir serta bebatuan . namun di balik itu semua yang terpenting adalah pembelajaran yang kau dapat saat mendaki gunung fuji bahwa target besar menunggu mu di atas sana dan kamu dengan keyakinan yang ada akan mampu menggapai nya. itu bisa menjadikan moto hidup bahwa segala sesuatu itu butuh perjuangan''


    Apakah kalian tertarik menantang Gunung Fuji??? Maka jangan lupa siapkan mental dan fisik kalian serta kantong duit kalian.
    Selamat mencoba!!!










  •