https://www.facebook.com/nurul.jahidah.3

Teori yang mematahkan sifat berdasar golongan darah maupun ramalan lainnya.

Kategori │University life

malem guys... malem-malem ini enaknya nyantai yak..tapi sayang nya tidak buat saya karena harus mengejar deadline membuat report mata kuliah .


nah di tengah-tengah ngetik report saya justru pengen berbagi pengetahuan nih.. berhubungan juga sih sama tugas report saya. materi sub bab nya lah ya..

Beberapa minggu lalu di dalam mata kuliah コミュニケション心理学 di kelas membahas tentang barnum effect, anak psikologi pasti tahu apa itu barnum effect.

seperti yang kalian ketahui juga di media sosial memang banyak kita jumpai tentang ramalan-ramalan entah itu ramalan berdasarkan zodiak, golongan darah, inisial nama, bentuk tubuh, dll



tak di pungkiri banyak yang percaya akan hal itu,walaupun title nya sudah S2 bahkan S3 maupun eS teh hehehe melalui blog saya ini saya akan patahkan ramalan itu berdasarkan teori ilmiah dan di perkuat dengan pondasi agama.

sebelum “memakan” apa aja yang diramalkan ada baiknya kita tahu apa itu efek barnum. saya sendiri tahu istilah ini dari sensei tentunya. setelah saya searching ternyata blogger sebelah juga ada yang pernah bahas si doi tahu juga karena membaca anime Boku wa Tomodach ga Sukunai,

''dan karena ini gue semakin gak percaya sama yang namanya ramalan~ Agama gue sendiri melarang untuk percaya hal-hal beginian.'' tulis si doi.
https://shahifaaudyrahima.wordpress.com/2013/06/30/hubungan-efek-barnum-dengan-ramalan/


Nah, sebenarnya apa itu efek Barnum? Efek Barnum (Barnum effect) atau efek forer (forer effect) adalah sebuah manipulasi psikologis dimana variabel-variabel yang sebenarnya berlaku secara umum pada setiap orang dimanipulasi dalam cara agar kondisi tersebut terlihat seolah-olah berlaku khusus untuk orang tersebut secara pribadi.

Singkatnya sih suatu manipulasi psikologi yang kata-katanya dirangkai sedemikian rupa sehingga terkesan khusus pada suatu golongan tertentu. Jadi misalnya suatu golongan tertentu merasa suatu ramalan tepat dan sangan mencerminkan sosoknya, namun nyatanya itu adalah kondisi umum dan dapat diterapkan di semua golongan. Emm, contohnya yaa..

Orang-orang bergolongan darah A juga sangat kreatif dan paling artistik dari semua tipe darah. Kemungkinan besar karena sensitivitas mereka. Orang dengan golongan darah A juga dianggap klasik karena mudah stres.

Orang dengan darah tipe B berkarakter paling santai. Mereka cenderung kurang kooperatif karena lebih suka mengikuti aturan dan ide-ide mereka sendiri. Mereka adalah individualis. Orang dengan darah tipe B sering dianggap tidak konvensional daripada jenis golongan darah lainnya.

Orang dengan golongan darah O orang yang terbuka, enerjik dan sosial. Mereka yang paling fleksibel dibandingkan dengan semua golongan darah.

Orang dengan golongan darah AB sulit diprediksi. Mereka dapat memiliki karakteristik di kedua ujung spektrum pada waktu yang sama. Misalnya, mereka bisa pemalu dan bisa tiba-tiba sebaliknya. Mereka dengan mudah beralih dari satu berlawanan dengan yang lain.


Gimana? Kalau diucapkan seperti itu, yang bergolongan darah A,B,O,AB pasti ngerasa ramalan yang gue buat jitu banget, hahaha. Kira-kira seperti itu lah contoh efek barnum.

Efek barnum ini juga pernah diteliti oleh Prof. Forer pada tahun 1948. Awalnya Prof. Forer membagi 39 amplop tertutup pada 39 mahasiswanya, isinya tentang hasil tes kepribadian yang telah mereka lakukan seminggu sebelumnya.

and… Guess what? hampir seluruh mahasiswanya mengaku hasil tes kepribadian itu mencerminkan kepribadian mereka!! Lalu Forer melakukan eksperimen lagi menggunakan orang yang lebih banyak, dan hasilnya sama. Banyak yang mengaku hasil tesnya mencerminkan kepribadian mereka.


seorang mubaliq pernah menasehati jangan pernah percaya pada sebuah ramalan sifat berdasarkan golongan darah. kenapa tentang golongan darah karena saya tinggal di jepang dan memang jepang adalah pencetus ramalan itu. memang benar apa kata beliau sebelum di adakan penelitian secara ilmiah oleh Prof. Forer di Alquran juga di jelaskan secara eksplisit. semakin yakin donk dengan suci Al quran.

untuk di ketahui tidak semua orang jepang pun percaya pada ramalan tersebut termasuk sensei saya.
mahasiwa lain yang terlanjur percaya setelah mendapat pelajaran ini bertanya-tanya jadi selama ini hanya sebuah kebetulan...?




Yahh, setelah memaparkan tentang penjelasan efek barnum ini apakah anda masih percaya pada ramalan-ramalan yang berada di sosial media? Jawabannya terserah anda dan saya pribadi menjawab tidak!!!. Memang tidak semua ramaln menggunakan efek barnum ini. Tapi, bagaimana pun juga sebaiknya kita tidak terlalu percaya pada ramalan. Seperti kata tokoh anime Conan Edogawa,



“Kalau semua terjadi sesuai dengan ramalan, masa depan tak akan seru kan?”.

Benar sekali Conan!! Kalau kita terlalu percaya pada ramalan yang terjadi pada masa depan, maka kita pasti akan pasrah saja dengan keadaan dan tak mau berusaha karena sudah tau apa yang terjadi di masa depan. Ingat, ingat, ingat masa depan itu hanya Tuhan yang tahu dan yang bisa menentukan masa depan adalah diri kita sendiri

surat Ar-Ra'd ayat 11. ....إِنَّ اللَّهَ لا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ .... artinya: “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ”




  •  

    sally anne test ( psikology komunikasi pada anak )

    Kategori │University life

    Salah satu tonggak penting dalam perkembangan teori pikiran adalah memperoleh kemampuan untuk mengatribusikan kepercayaan keliru: yaitu, untuk mengenali bahwa orang lain memiliki kepercayaan tentang dunia yang berbeda. Untuk melakukan hal ini, disarankan, seseorang harus memahami bagaimana pengetahuan terbentuk, bahwa kepercayaan seseorang didasarkan pada pengetahuan mereka, bahwa keadaan mental dapat berbeda secara realitas, dan bahwa perilaku orang dapat diprediksi dengan keadaan mentalnya. Berbagai versi dari pengujian kepercayaan-keliru telah berkembang, berdasarkan pada pengujian awal yang dilakukan oleh Wimmer dan Perner (1983).




    Dalam versi umum dari pengujian kepercayaan-keliru (sering disebut juga dengan "Percobaan Sally-Anne"), anak-anak diceritakan atau diperlihatkan suatu kisah yang mengikutkan dua karakter. Sebagai contohnya, anak diperlihat dua boneka, Sally dan Anne,
    yang masing-masing memiliki sebuah keranjang dan sebuah kotak.
    Sally juga memiliki sebuah kelereng, yang disimpannya di dalam keranjang, dan pergi meninggalkan ruangan.
    Saat dia keluar dari ruangan, Anne mengambil kelereng dari keranjang, dan menyimpannya di dalam kotak. Sally kembali, dan kemudian anak-anak ditanya di manakah Sally akan mencari kelereng.

    Anak akan lulus pengujian tersebut jika dia menjawab bahwa Sally akan melihat ke dalam keranjang, tempat dia menaruh kelereng;

    anak gagal dalam percobaan jika dia menjawab bahwa Sally akan melihat ke dalam kotak, walaupun si anak tahu tempat kelereng disembunyikan, walaupun Sally tidak tahu, karena dia tidak melihatnya disembunyikan di sana.

    Supaya lulus dari pengujian, anak harus dapat memahami bahwa representasi mental orang lain terhadap situasi adalah berbeda dari milik mereka sendiri, dan si anak harus dapat memprediksi perilaku berdasarkan pemahaman tersebut.

    Hasil dari penelitian berdasarkan pengujian kepercayaan-keliru secara wajar konsisten: kebanyakan anak yang berkembang normal tidak lulus tes sampai pada umur sekitar empat tahun.

    (Terutama, bila kebanyakan anak-anak, termasuk mereka dengan Sindrom Down, mampu lulus dalam tes ini, dalam salah satu pengujian, 80% dari anak-anak yang didiagnosa dengan autisme tidak mampu melakukan hal tersebut.)


  •  

    Mekanisme fenomena "hantu"

    Kategori │University life

    Apa kah kalian percaya pada hantu??!!
    Terlepas Dari penjelasan religious. Salah satu artikel Dari Sensei memberi kan referensi bagi yang percaya atau tidak percaya...!?

    Sebelum masuk dalam pembahasan pertama2 Kita analogi kan dengan sebuah pembakaran daging asap. Dalam ruang tempat Daging asap iTu Akan Terus tercium Baunya walau pun proses pembakaran sudah tidak terjadi. Begitu pula apabila Kita jatuh cinta pada seseorang maka pikiran Kita Akan selalu terngiang2 tentang doi bener kan ... Heii kau yang lagi jatuh cinta... Ciyeee yang polling in lop.
    Ya teringat Terus walau doi tidak Ada di sekitar mu...

    Ok Sekarang masuk ke ranah pembahasan: cekidot~~~>

    Dalam artikel tersebut berjudul "mekanisme fenomena Hantu"





    Cukup seram ya Judul Nya namun penjelasan tak seseram Judul ko'..

    Roh atau hantu iTu bukan merupakan obsesi. Energi negatif seseorang yang menjadi kan iTu seperti nyata. Yang di katakan dengan sejenis "teman".

    Di rumah, kamar mandi, sekolah tempat Ibadah kemungkinan Ada "hantu" Karena di sebab kan adaNya manusia yang menghuni dan di situ tidak semua orang merasa senang maka timbul lah energi negatif iTu.

    Tapi justru di pemakaman sebenarnya tidak Ada yang namanya "hantu" Karena hanya benda mati yang Ada di makam ( jadi kalau lagi di kuburan sebenarnya tidak Ada yang perlu di takut kan) mau Bukti pergi Aja ke kuburan sendiri. Hehe


    Dalam artikel iTu juga di jelas kan orang yang meninggal ingin di perperhatikan pada orang yang masih Hidup. Memberi pesan pada orang yang masih Hidup.




    "Terima Kasih" Hidup iTu menyenangkan .
    Jangan khawatir , kamu juga Harus Semangat ya jalani Hidup mu. (wajah riang). Itu lah pesa. Mereka pada orang yang masih Hidup.

    Seandai Nya pun wajah orang yang sudah meninggal iTu terlintas di benak mu atau dalam mimpi mu dengan terlihat buruk iTu bukan berarti mereka menyampaikan keburukan pada mu tapi justru sebaliknya. Suatu kebaikan yang ingin mereka sampai kan.

    Bahkan hantu jahat iTu tidak Ada
    (Pengusiran setan atau entah apa lah iTu namanya)

    So gimana menurut kalian...

    Dalam setiap kelas Sensei yang satu ini memang menarik untuk di simak.. Kalian boleh percaya boleh tidak dengan kelas Sensei saya yang satu ini..

    Di akhir kelas setiap mahasiswa di wajibkan menulis kesan dalam kertas diatas yang pasti pake Bahasa Jepang donk ya ...

    Kalau saya sendiri hantu atau roh iTu antara percaya atau tidak percaya berkeliaran di dunia ini namun yang pasti saya percaya setelah Ada kematian maka Akan Ada alam lain yang membangkitkan semua roh di alam Bumi ini. Yang Kita sebut sebagai akhirot.

    Dalam kepercaya an saya tertulis jelas
    Alloh berfirman :


    وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلاَّ لِيَعْبُدُونِ

    “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia

    melainkan supaya mereka menyembah-Ku..”

    (QS. Adz-Dzaariyaat:56)



  •  

    Hari iTu di pagi ketika ku terlahir di Dunia

    Kategori │Puisi

    Pagi ini ...
    Dan pagi yang pernah ku lalui..
    Tak kan pernah terulang

    Detik Demi detik
    Ku lalui





    Melukis hari dengan tinta jiwa
    Bersama sebuah bayang dan angan

    Hati kecil berbisik
    Harus kah Aku Lari Dari kenyataan ini

    Pencundang kah diri ini..

    Bukan... Ini adalah cara Tuhan
    Memberi tahu
    Bahwa sebuah Hal luar biasa Akan
    Kau dapat bila kamu tetap memperjuangkan...

    Selamat pagi pejuang
    Kobarkan Semangat mu di tanduk kemenangan.....


  •  

    Teman datang dan pergi silih berganti. Satu yang perlu di ingat Kita punya kenangan hebat.

    Kategori │Memories

    Saat pergantian tahun pelajaran adalah Hal yang membuat saya sepi 17maret 2016.

    Entah kenapa di tinggal temen iTu rasa Nya kalian pasti tau lah...
    Namun yang bikin hati ini sedih adalah rasa Nya
    Ingin ikut Pulang Ketemu keluarga tersayang.

    Saat iTu lah saya menulis ini diakun medsos saya




    "Ketika kalian pergi kawan
    Entah dengan siapa lagi Aku berbagi Senyum ini....

    Benar-benar kehilangan kalian...
    Hanya sendiri disini...
    Dan iTu menyakitkan
    (>人<;)

    Tetap kejar impian kalian
    Dimana pun kalian berada
    Ku disini kan juga berjuang
    Tuk buat masa depan lebih Indah

    Suatu saat nanti Semoga bisa di pertemukan dengan suasana yang lebih Indah..."





    #lepaskan semua dengan tawa o(^_-)O walau Ada hati yang terluka... Melepas kepergian kalian ...

    Lokasi pemotretan kami ambil di salah satu Taman daerah Fujieda Shizuoka ken.
    Tempat yang keren untuk menikmati Bersama teman-teman.


  •  

    Universal Studio Japan

    Kategori │Travelling in Japan

    Apa kabar pemirsah... Lama tak ber jumpa lewat blog ku ini.. Maklum tersita pikiran ku Oleh yang lain... (Apa iTu...? Ah mau tau Aja)

    Kali ini saya mo throwback Aja lewat foto Awal tahun kemarin di USJ alias uneversal Studio Japan...

    Di sini Ada spot tersendiri untuk narsis haha

    Sebenarnya ga terlalu suka selfie so mengambil foto dengan tehnik fullbody lebih artistic menurut saya...






    Ada sedikit penampakannn di belakang...
    Hahaha Mz Iqbal pengen narsis juga yak...

    Ada beberapa foto keren keren saya dengan pemeran Harry potter u know lah...
    He is Daniel Radcliffe ...





    "The consequences of our actions are always so complicated, so diverse, that predicting the future is a very difficult business indeed"



    Happy New Years 2016
    Hope This year more better
    Always spirit. Hey ,you fighter!!?

    ITu lah kata-kata yang terniang di pikiran ku..
    Mengingat kala iTu tahun baru yang ku habiskan di Osaka Japan

    "Konsekuensi dari tindakan kita selalu begitu rumit, begitu beragam, memprediksi masa depan adalah sesuatu yang sangat sulit memang"


    Sama Hal Nya pilihan saya untuk Menjemput iimpian belajar di Jepang ini... Banyak konsekuensi yang saya alami.



    So tetap Semangat raih masa depan mu guys...





  •  

    Kamu Teh suka Teh ?? Coba deh dateng ke Kebun Teh dulu

    Kategori │Japan Events

    Setelah kemarin saya pusing-pusing( bhs Malaysia ) di Yokohama-Chiba - Tokyo -ibaraki. Pusing-pusing yang artinya muter-muter hahaha

    Dalam rangka silatirakhim dan mencari apa yang Harus di temu kan.. Apa iTu ??? Coba tebak saja...

    Tapi saat ini bukan iTu yang Aku mau bahas ( penonton kecewa )
    Hari ini seperti biasa hosyonin saya, mengundang untuk mengunjungi ladang Teh ...




    Tidak hanya ilmu tentang Teh banyak sekali yang Kita bisa dapat di sini..
    800tahun yang lalu tempat ini sudah terbentuk Kebun Teh




    Saya membayangi kan betapa bahagia Nya bisa punya tempat seperti ini di Indonesia

    Suasana yang damai
    Alam yang sejuk Serta
    Bisa menghilangkan di kala stress




    Rumah tradisional yang masih bisa di Nikmati ke indahan Nya


    .

    Terjun langsung dalam pembuatan Teh Jepang tidak semua orang bisa melakukan Nya dan bagi saya semua pengalaman ini sangat berharga untuk menjadi kenangan Indah selama di Jepang .




    Oiya satu lagi makanan khas Jepang kue mochi yang pertama kali saya makan...
    Kue mochi , kue mochi yang biasa saya sering makan tapi kue mochi yang satu ini beda di dalam Nya berisi stroberi segar yang manis dan rasa Nya pengen makan lagi dan lagi...




    Dan ini model pengbungkusan Nya














  •