https://www.facebook.com/nurul.jahidah.3

ノーベル物理学賞

Kategori │Global Nihon Go

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Jepang terkenal dengan ketekunannya dalam mengerjakan bidang-bidang yang mereka geluti. salah satu nya brita terbaru kali ini saya ambil dari salah satu koran Jepang. lebih tepatnya teman sekaligus guru saya di Global nihon go yang memberi pada saya dan membahasnya bersama-sama.

Bahwasanya tahun ini 15 oktober 2015seorang Profesor telah mendapatkan Nobel penghargaan di bidang Fisika dari Universitas ternama di Jepang yaitu Universitas Tokyo. sang penerima nobel adalah Mr. Kajida(56) yang pada tahun 2002 juga sama di dapatkan oleh sensei dari Mr. Kajida yaitu Mr. Koshiba(89)(.恩師:mantan guru).
Penelitian di bidang fisika ini tentang neutron yaitu unsur senyawa benda yang sangat kecil yang mempunyai massa.
itu berarti Guru dan Murid sama-sama mendapatkan penghargaan. (hebat euy)



walaupun beliau-beliau sudah berumur masih semangat untuk terus meneliti. kegagalan pasti tak terelakkan bukan... makanya buat kita-kita yang masih muda jangan mudah menyerah terus semangat ya. cuman di kasih rintangan kecil aja sudah ambek-ambekan, down, kayak kiamat mau lewat aja.
down boleh saja asal jangan lama-lama karna waktu tak mau menunggu. dari ratusan kegagalan akan datang saatnya ribuan kesuksesan

kalimat ini sebenarnya nyindir buat diri sendiri karna kemarin baru terima hasil test klo saya gagal belom berhasil.

namanya juga perjalanan hidup banyak crita manis pahit nya yang menjadikan kita bisa lebih punya wawasan dalam menanggapi dan menyelesaikan nya.
結果よりも過程が大事
Yang artinya "Proses lebih penting dari pada hasil "
next nyoba lagi dah..cupscups,,,, ga usah cembetut, dunia belom berakhir


  •  

    Momiji di musim gugur Jepang

    Kategori │Travelling in Japan

    Aki atau disebut musim gugur Jepang identik dengan Momiji , yaitu salah satu daun ciri khas jepang dengan warna kuning hingga orange ataupun merah yang berguguran sebelum masuk ke musim dingin antara bulan september akhir sampai awal November . Daun Momiji ini banyak di jumpai di sekitar pegunungan...


    bersama 2 teman indonesia saya yang saya ajak bergabung dalam trip ini dan beberapa orang luar dari beberapa negara ,kita nikmati trip menuju prefecture Yamanashi 2-3 jam di tempuh dari prefecture shizuoka tempat tinggal saya, dengan rombongan sekitar 3 mobil.

    di tengah rintik-rintik hujan sebelum memulai perjalanan di tempat singgah bersama teman dari los angels , australia dan 2 orang dari amerika bag. selatan .

    inilah kali pertama saya melalukan trip bersama orang-orang luar 9 november 2014 tahun lalu, berkat ikut english club yang diadakan dari gakkou saya mendapat kenalan orang jepang dengan hobi yang sama yaitu traveling ...
    sebenarnya waktu itu sama sekali blom fasih berbahasa jepang sampai sekarang masih belum juga sih namun dengan rasa tekat saya ingin belajar mungkin dia tertarik dan hingga sekarang menjadi patner travelling terbaik saya untuk keliling jepang..merasa bangga heheface207face207 tahun ini pun rencana akan trip lagi di sekitar Gunung Fuji tgl 7 november 2015 ini berarti pas 1 tahun ya , tak terasa.. Waktu berjalan begitu cepat.
    hari ini , barusan saja saya mendapat inbox darinya supaya saya dapat ikut dengan mereka untuk travelling lagi menikmati Momiji mungkin bisa jadi di tempat yang berbeda dari tahun sebelumnya ..

    selain mengunjungi Souji-lake salah satu dari 5 kawah yang mengelilingi Fujisan, kita juga mengunjungi kawasan kuno yang benar-benar kuno. berdiri rumah-rumah jepang jaman dulu beberapa ratus tahun yang lalu yang masih di berdiri dan menjadi kawasan wisata para turis lokal maupun turis international seperti saya sambil tunjuk hidung
    .

    kawasan rumah kuno Saiko iyashino
    di Saiko Iyashino- Sato nemba ,pula terdapat penyewaan baju perang abad 16 (mungkin) dan sebagai travelling sejati wajib hukum nya untuk berfoto dengan cosplayer nya donk

    Ohime sama(sang putri) dengan prajurit pelindungnya khusus datang dari zaman Nara , sebagai pelindung.

    Ohime sama pun , maksudnya saya pun menikmati indah nya musim gugur melihat berkilau nya Momiji di puncak-puncak pegunungan dengan menikmati hangatnya secawan Ocha. sambil menunggu Sang pangeran menjemput untuk kembali pulang ke masa lalu namun ku tersadar dari lamunanku tatkala si doggy milik mikisan tiba-tiba menggonggong.

    sore menjelang kami beranjak dari tempat ini Saiko Iyashino, yang mengingat kan saya pada masa lalu sebagai Sang putri


    kami ke tempat penjualan omiyage (oleh-oleh) di tempat ini di dominasi turis dari China, saya tahu walaupun belom bisa bahasa jepang namun saya bisa membedakan mana bahasa jepang dan mana bahasa china. di tengah-tengah terdapat sumur yang sangat dalam diameter sekitar 3meter dengan kedalaman kurang lebih 8meter. air nya sangat jernih hingga kita bisa melihat dasar sumur dengan banyak uang coin yang bertebaran serta ikan koi yang berenang di dalam nya bahkan saya pun bisa melihat ada iphone5 yang tercebur di dalam nya.. entah itu sengaja di ceburkan demi permintaan terkabul atau tak sengaja tercebur saat melihat sumur. mitos nya barang siapa yang meminta dan melempar coin di sini bisa jadi permintaan nya terkabul. apakah saya ikut melakukannya ,pertanyaan yang tak perlu dijawab...

    di dekat sumur lebar itu terdapat pancuran air dengan kepala naga dan cawan dengan pegangan panjang. biasa di pakai untuk melepas dahaga para pengunjung.tapi untuk yang satu ini saya mencoba, air nya sangat segar. ada pula yang menggunakan untuk membasuh muka, tujuan asli nya saya kurang tahu mungkin hanya untuk menyegarkan wajah.



    sebelum meninggalkan lokasi ini, di sebuah jalan kecil dekat area parkir mobil insting model saya tergugah untuk mengabadikan dengan berbagai pose.
    termasuk teman saya yang satu ini...

    mungkin dia akan tertawa membaca ini atau mungkin malah sebaliknya hahaha#saya puasface197face208

    destinasi terakhir kami adalah di
    Jalur Cinta
    saya sebut seperti itu karna saya lupa nama persis nya hehe gomen,, karena saya melihat banyak yang datang dengan membawa pasangan ke sini.
    jangan lihat saya di sini juga kita bisa menghangatkan badan dengan apa unngun seusai mengelilingi rute.



    api unggun ini sangat menolong bagi saya yang belum punya pasangan baru banget datang di jepang , untuk menghangatkan badan, walaupun belum masuk musim dingin, namun saya rasa sudah sangat dingin..
    disini, saya dengar merupakan daerah terkenal dan terindah di kawasan ini untuk menikmati Momiji ...

    seusai acara, sebenarnya kami di ajak untuk Onsen saya pun menelan lidah ludah, budaya Jepang yang sangat saya hindari di sini. kecuali kalau ada onsen privasi. saya dan 2 teman saya spontan menolak ya walaupun tidak enak , dengan alasan tidak terbiasa onsen. kami pun diantar pulang hingga jam 8:30 malam kita tiba di shizuoka.

    nantikan keseruan perjalanan saya dengan teman-teman jepang lain nya ya .. see you next time.face01face01









  •  

    Buah khas musim gugur Jepang

    Kategori │Travelling in Japan

    Weekand adalah hari yang tepat untuk jalan-jalan bener kan???... kali ini saya dapat undangan untuk pergi travelling ke salah satu pegunungan penghasil teh di prefecture Shizuoka namun bukan untuk memetik teh ya,,,,
    sekarang adalah musim gugur di Jepang.musim dimana banyak pohon kaki (kesemek) yang berbuah...
    kaki yang di maksud bukan anggota badan kita melainkan nama buah itu sendiri..warnanya kuning mengkilat, rasanya manis namun kalu terlalu matang akan lembek.. ini nih penampakannya



    untuk mengisi perut kita mampir supermarket untuk membeli makanan ... semua itu gratis hahaha seneng yak... kita dilarang ngeluarin uang untuk beli makan siang kita.. ini kurasa berlawanan dengan budaya orang jepang, yang sering nya kalau bepergian kita betsu-betsu alias bayar sendiri-sendiri..

    memilih makanan juga beliau selektif untuk kita yang muslim beliau menunjukkan mana yang boleh kita makan dan mana yang ga boleh kita makan (mengandung babi atau tidak) kepada pelayan toko nya beliau jg bilang '' ini masak nya ga pake minyak babi kan ya? karena walaupun pake minyak babi pun mereka tidak makan" ekspresi pelayan tokonya pun agak kaget mendengar nya.. namun jg mengerti.


    setelah sampai saya di suguhi ocha segar khas kakegawa di warung kecil dekat rumah.




    saya pun belajar banyak hal tentang hidup orang Jepang..
    kebahagian kita merupakan kebahagian mereka.
    .. itu yang terlihat dari raut wajah nya.. panggil saja Otousan kita memanggilnya seperti itu. lebih dalam ke dalam kehidupannya saya di beri tahu tentang obon salah satu kepercayaan orang Jepang dengan agama budha nya.
    suatu ritual khusus untuk orang yang sudah meningal nama nya akan tertulis dalam papan itu.. tulisan kanji yang tertera itu, beliaupun tidak bs membacanya semua. karena itu dari keturunan keturunan yang terdahulu ,itu berarti obon itu sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu dan masih tersimpan rapi di kediaman beliau. beliau jg berkata
    suatu saat bila aku mati namaku juga akan tertulis disitu. lalu suasana hening dan tiba-tiba terasa dingin di sekitar ruangan
    . di Jepang juga ada hari libur nasional khusus untuk Obon , dimana hari itu arwah mereka akan pulang kerumah dan menikmati sajian yang ada. serem yak face07face08 kalau di indonesia mungkin sejenis sajen-sajen gitu..

    lanjut ke makanan, setelah penjelasan itu saya di suguhi kue manju yang diatas nya tertulis kanji Ocha rasanya enak didalamnya ada kacang merah yang sudah di lembutkan..saya berharap ini bukan sesajenface10


    dan tentunya segelas Ocha segar buatan Otousan dari perkebunan dekat rumah masa kecil nya ini..karena rumah ini memang tidak di huni hanya tempat singgah saja apabila ada keperluan disini..inilah rumah tak berpenghuni hiiiiiii serem
    ini ocha dalam bentuk kemasan nya

    tujuan utama kita adalah untuk panen kaki namun sebelum panen di mulai boleh donk kita main-main dulu hahaha lupakan masalah arwah-arwah tadi


    Otousan punya lahan yang di manfaat kan buat berkebun berbagai macam sayur sayuran di tanam oleh nya. wortel,kubis, bawang, brokoli dan masih banyak lagi.
    dan inilah hasil panen kita...



    setelah selesai panen lebih cenderung pada bermain-main hehe kita nikmatin makan siang yang sudah di belikan buat kita serta misoshiro sub khas Jepang yang beliau buat khusus buat kita. beliaupun mengerti waktu dan tempat untuk kami beribadah di sediakan tempat khusus yang kita mau untuk melaksanakan solat dhuhur.


    bagi saya belajar di Jepang tidak melulu datang ke gakkou dan terus menghafal kanji namun dengan kita menyelami dan berbincang dengan orang-orang Jepang langsung ,bisa menambah semangat baru dan angin segar untuk kita terus mengasah kemampuan bahasa kita. wisata alam adalah hal menarik buat saya daripada hiruk pukuknya perkotaan. nantikan jalan-jalan saya berikutnya ya..face02face02




  •  

    World Cosplay Summit at Nagoya

    Kategori │Travelling in Japan

    World cosplay summit (WCS) adalah pergelatan akbar penggemar cosplay dari seluruh dunia yang di adakan di Nagoya Aichi-ken tiap tahunnya. 2014 kemarin aku berkesempatan untuk datang langsung menyaksikan meriah nya acara itu yang rrruaaarr biasa animo penonton yang memadati lokasi cosplay..
    2 agustus 2014.


    para peserta WCS 2014 Nagoya Japan.
    pic. www.getaroudjapan.jp
    Indonesia boleh berbangga donk. Tim Indonesia yang beranggotakan Dharma dan Ryan asal Yogyakarta dengan penampilan Onimusha 3 pada 2 Agustus lalu berhasil meraih juara 3 di perhelatan kompetisi cosplay akbar tingkat dunia yang bertajuk World Cosplay Summit (WCS) 2014. Tercatat ada 26 negara yang turut berpartisipasi dalam acara yang diselenggarakan di Nagoya, Jepang ini.




    Selain mendapatkan juara 3, tim Indonesia juga berhasil meraih penghargaan Joysound Award dalam lomba tersebut. Dan sehari sebelumnya (1/8), pada perhelatan World Karaoke Grand Prix Cosplay 2, cosplayer Indonesia yang bernama Catch Sangadji berhasil meraih juara 2.

    Juara WCS tahun ini dimenangkan oleh tim asal Rusia yang menampilkan cosplay dari seri game Legend of Zelda. Adapun juara 2 diraih oleh tim asal Italia yang mempersembahkan penampilan cosplay dari seri anime Kaleido Star. sumber: kaorinusantara.or.id (05/08/14)

    tim rusia yang mendapatkan juara1.

    dan ini beberapa foto hasil jepretan saya di WCS nagoya saat red carpet..


    salah satu tiem Indonesia yang berhasil saya foto.




    cukup menarik bukan .buat kamu kamu penggemar cosplay
    karna tiap tahun diadakan silahkan saksikan dan nikmati langsung ...





  •  

    あきらめない生き方

    Kategori │speech contests

    私たちは夢を持たなければなりません。毎日少しずつ頑張ればだんだんよくなります。
    大切なことはあきらめないことです。あきらめなければ、すばらし未来が私の前にあります。
    sepenggal teks dalam speachku yang kedua 18 Juli 2015 event 国際ことば学院 di gedung Grandship Higashi Shizuoka.


    Noda sensei mentor presentasiku di Grandship higashi shizuoka.


    Mari Watanabe sensei selaku kepala Gakkou. mentor pertama kali dalam spech contest di Fujieda.


    makan bersama seusai acara sekaligus untuk merayakan kerja keras kita.


    Dalam penampilanku yang ke dua, ada tantangan sendiri dimana banyak tuntutan yang kurasa. salah satunya pembimbing ku yang menuntut harus perfect dalam hatsuon alias pengucapan atau pelafalan dalam bahasa Jepang. karna kali ini beda sensei yang membimbing ku.
    kali ini pun media yang ku gunakan adalah proyektor dan itu artinya inilah Presentasi pertama ku dalam event besar tahunan di Gakkou.#tepuktangan..face208  sekitar 12 orang dari beberapa negara hanya 3 orang yang terpilih dalam presentasi. 9 orang lain nya pidato dengan stand up speach.

    keterbatasan waktu dan minim nya alat karna waktu itu selesai kelas aku hampir tiap hari ke perpus gakkou hanya untuk meminjam komputer untuk membuat powerpoint. point plus nya aku dapat sanjungan dari sensei-sensei katanya siswa aktif padahal sih biasa saja hehe karna laptop rusak aja nih....face07face10

    ini nih salah satu coretan sebelum di pindah ke powerpoint;


    ada beberapa slide yang terpaksa di tiadakan karna keterbatasan waktu.#sedihhiks..face134
    sampai hari H nya tiba dan semua mata menatapku. semampuku, dan ku berjalan di atas panggung menjelaskan semua materi yang sudah beberapa minggu ini ku buat dan kuhafal. di atas panggung sebesar itu serangan rasa guguppun tak terhindar rasanya seperti lawan yang sangat menyebalkan... rasanya ingin cepat menyelesaikan namun aku harus tetap bertahan untuk semua yang telah mendukung dan memberi motivasi.
    huuuufff waktupun berjalan dan sampai akhirnya alhamdulilah ku mendapatkan piagam penghargaan ini...


    Tomiyama sensei bertanya padaku setelah acara selesai " sebelumnya sering presentasi ya nurul san, gaya jalan nya dah seperti profesor di kampus saat menerangkan materi kuliah"
    ku jawab "ini pertama kalinya sensei saya presentasi dengan bahasa Jepang, tadi pun saya sempat gugup" aah sensei mah bisa aja klo memuji.. aku pun sambil tertawa kecil..





  •  

    マンション傾く(日本の新聞)

    Kategori │Global Nihon Go

    Global nihongo merupakan organisasi nirlaba wadah untuk para volunter yang terdiri dari orang-orang Jepang. yang dimana mereka suka rela mengajari orang asing untuk belajar bahasa Jepang. alias kita-kita yang notabene pelajar asing dapet ilmu gratis dari mereka menyenangkan bukan.face02face01 klo kita lagi beruntung kadang kita bisa ajak mereka untuk jalan-jalan dan menikmati sisi lain jepang dalam kehidupan mereka.face27face147




    minggu ini yang saya dapat kan adalah tentang berita terbaru dari Yokohama dn juga telah sering di siarkan di tv Jepang akhir-akhir ini. tentang miringnya mantion yang di sebabkan kesalahan dalam kontruksi. dan mungkin sudah tidak bisa di huni lagi. yang membuat saya kagum adalah tidak ada korban meninggal dalam kejadian ini.

    para penghuni sudah terlanjur kecewa dan marah atas kejadian ini, bahwasannya mereka sudah membayar untuk bangunan itu. Mantion yang di prakaryai oleh salah satu perusahaan terbesar di jepang MITSUIFUDOUSANGRUP
    建物の補修、改修にかかる費用を全額補修する
    inilah kata-kata permintaan maaf untuk para customer nya yang merasa di rugikan dalam kejadian itu. artinya mengenai
    perbaikan bangunan, kami akan sepenuhnya membiayai perbaikan banguanan
    . untuk perusahaan sebesar MITSUIFUDOUSAN memang suatu kerugian namun menurut Nagura san salah satu sensei saya di Global, menurutnya itu tidak terlalu masalah besar untuk perusahaan sebesar mereka.





  •  

    Debut Pertama di Jepang 23 mei 2015

    Kategori │speech contests

    '' 誰かの人生から私達はたくさん勉強しました。
    毎日少しじゅつ好きなこと頑張れば良くになります。
    あきらめなければ、ステキな将来が私の前にあります。頑張ろう☆〜(ゝ。∂)

    課長先生のおかげでスピーチできました。始めてからもちろん緊張していました。そのスピーチは国際言葉学院を殺そってもらいました。つまり私はワクワクしていました。本当に良かった。一人一人でお客様が褒められてくれました。始めたので、あのスピーチは私の大切な経験だ。...''

    inilah kata-kata yang terlontar setelah selesai speach contest pertamaku di Fujieda
    salah satu kota di perfecture Shizuoka . Bersama 2 orang perwakilan lainnya dari Myanmar dan India.

    in the hall of Fujieda city culture center

    Ichiyou Higuchi dalan lembar 5000yen about Ichiyou Higuchi in 5000yen

    about Ichiyou Higuchi in 5000yen

    my mentor
    she is my mentor ,very kind and patient. whenever willing to teach me for this contest
    my mentor and friends from India (man) and Myanmar (women) my mentor and friends from india (man) and Myanmar (women)

    amazing experience at first time when I take this challege speach contest




  •  

    Seminar WAGOMU pertama saya di HAMAZOU media lab.

    Kategori │seminar

    Menulis adalah media paling ampuh untuk mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran. dengan menulis kita bisa mengekpresikan diri. menulis juga meningkatkan daya ingat kita terhadap apa yang kita pelajari.

    Ketika melihat ada seminar ini apa salah nya ikut, pengisi acaranya kebetulan juga sudah akrab, so capcusslah menjelajahi tempat baru, kenalan baru tentu dapat dan otomatis pengalaman baru juga ada. lokasi di park town hamamatsu lokasi nya jauh memang dari tempat tinggal ku shizuoka - hamamatsu 70menit dengan kereta biasa namun waktu itu karna waktu giri-giri maka ku putuskan naek shinkanzen dengan waktu 20 menit saja . belum selesai sampai di situ dari stasiun harus di tempuh dengan bus 30menit untuk menuju lokasi kantor hamazou media lab. di park town hamamatsu.

    Yatta!!!! inilah blog wagomu saya semoga tulisan-tulisan saya kedepannya bisa bermanfaat buat pembaca. sharing tentang info apa saja motivasi, travelling, study and many more... face02
    saran dan kritik nya juga jangan sungkan yaa(n_n)p
    yoroshiku onegaishimasu... m(_ _)m



  •  

    Kue lapis jepang

    Kategori



    Ini nih kue lapis yang katanya kue terkenal di Jepang ... Pertama kali makan rasanya manis semanis Aku gitu dech... #maaf ya terlalu narsis hehe
    @park town Hamamatsu Japan


  •