https://www.facebook.com/nurul.jahidah.3

Do you want to work in Singapore? 「Workshop in Japan」

Kategori │seminar

Untuk kamu kamu yang kangen dengan tulisan ku pede abis kangen tuh ama orangnya.
Yang nanyain "sekarang ko jarang nulis ?"
Here we go...~~~

Hari ini kamis 23 November, hari libur nasional negara Jepang. Aku manfaatin waktu untuk gabung dalam acara workshop.
Workshop ini cukup unik. aku dapat undangan temen dari Malaysia "thanks so much Jocelyn for invite me(⌒‐⌒)" ku harap dia membaca artikel ini hehehe
diskusi tentang perbandingan cara bekerja di Singapore dan cara bekerja di Jepang.
Diskusi ini dimulai dengan Ice breaking sesama member yang datang.




Sae (Japan) Gloria (Singapore) Soumi (India) and me (Indonesia) group discussion

Ice breaking with Aki san (Japan)

Setelah sesama member cukup akrap dan saling mengenal satu sama lain langsung kita ke acara intinya.




Singapura adalah negara yang secara ekonomi unggul yang terus-menerus menjadi juara di "World Business Environment Ranking" yang diumumkan oleh Bank Dunia setiap tahun. Dalam workshop berbentuk diskusi panel dengan guest orang Singapore.






Guest : Gloria Lim
belajar psikologi (mayor) dan bahasa Jepang (minor) di Calgary College di Kanada, setelah lulus, magang satu tahun di Divisi Internasional Pemerintah Hokkaido. Saat ini bekerja sebagai ALT mengajar bahasa Inggris untuk anak-anak di Kota Fujieda setelah bekerja sebagai community service di YMCA di Singapura.

Yang pasti banyak pengetahuan yang bisa didapat. Komunikasi yang kami gunakan dalam bilingual bahasa inggris dan bahasa Jepang. Dalam artikel ini aku coba untuk menuangkan ke dalam bahasa Indonesia. Sehingga aku bisa sajikan artikel ini dan kamu bisa menikmatinya. So sweet banget gueee






Apa saja kelebihan bekerja di Singapura daripada di Jepang.
↠ Di Singapura tidak ada upah minimum, pendapatan bulanan 200.000 yen 「mata uang jepang kalau dalam rupiah sekitar 25juta lebih tergantung kurs mata uang」akan tetap segitu walaupun tidak ada kerja lembur.
↠pemberhentian karyawan reguler jauh lebih mudah daripada di Jepang. Di lingkungan seperti itu pekerja merasa kasihan? Tidak, sebenarnya justru sebaliknya. Di Jepang setelah kamu masuk sebuah perusahaan, perusahaan itu seperti "Tuhan" bagi orang Jepang.
↠di Singapore Tingkat perolehan liburan adalah 93%, liburan jangka panjang dua minggu atau lebih umum terjadi, dan ini adalah lingkungan kerja yang moderat dibandingkan dengan Jepang. Libur panjang di jepang jangan harap kamu bisa dapatkan dengan mudahnya.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa etos kerja penduduk Jepang memang tinggi. Tak heran berbagai produk yang dihasilkan bisa mendunia. Namun dari sudut pandang lain cara kerja maupun upah gaji seperti yang di terangkan di atas ternyata Jepang masih kalah dengan Singapura.

Beberapa minggu lalu akupun sempat memposting di medsos dari berita berbahasa Jepang mengenai Bandara international terbaik yaaa Singapore lah yang menduduki peringkat pertama disusul oleh bandara international korea baru peringkat ke 3 di duduki oleh bandara international Haneda Tokyo Japan.

https://www.msn.com/ja-jp/news/opinion/%e3%80%8c%e5%bf%ab%e9%81%a9%e3%81%ab%e7%9c%a0%e3%82%8c%e3%82%8b%e7%a9%ba%e6%b8%af%e3%80%8d%e3%83%a9%e3%83%b3%e3%82%ad%e3%83%b3%e3%82%b03%e4%bd%8d%e3%81%ab%e7%be%bd%e7%94%b0-%e9%96%a2%e7%a9%ba%e3%82%826%e4%bd%8d%e3%81%ab/ar-AAurYL4?ocid=SK216DHP#page=2


Bulan April tahun ini 2017 alhamdulilah aku berkesempatan menikmati bandara international Changi singapore maupun Haneda Tokyo Japan. Memang lebih luas bandara international singapore dan fasilitas yang ditawarkan oleh bandara Changi singapore memang seperti surga dunia. Semoga di lain kesempatan bisa berkunjung ke bandara korea yang menempati peringkat ke 2. Tapi mo ngapain ke sana?? Ketemu oppa?? Whose know hahaha.

Bagaimana?? Tertarik bekerja di Singapore aku sarankan bahasa inggris nya di latih ya karena mayoritas menggunakan bahasa inggris. U know laaahhh hahaha. Thanks for reading my blog until end. See U.






  •  

    the 3rd Recruit in Japan Meeting for International Student

    Kategori │seminar

    Minggu, 8 Januari 2017. Awal tahun di mana saya mengikuti acara meeting di kantor pusat Hamazou media lab. Park town hamamatsu City. Di hadiri oleh beberapa mahasiswa International yang menempuh pendidikan di Jepang.





    Dalam acara ini di bahas tentang bagaimana pola kerja dan etos kerja di perusahaan Jepang





    Mr. Ken Sano sebagai CEO hamazou menjelaskan terperinci tentang materi hari itu. Dan mendatangkan pula "Guest star" dalam meeting kali ini.




    Beliau adalah Mr Bahar Sonin. Dalam artikel. kali ini saya akan membahas profil beliau.

    Nama Bahar Sonin berkebangsaan Mongol.
    Ternyata beliau bukan orang Jepang pemirsa.
    Sebelum beliau memperkenalkan diri saya mengira bahwa beliau orang Jepang ternyata salah besar.

    Sama seperti kebanyakan pelajar asing lain belajar dari nol (0) a i u e o.
    Datang ke Jepang tahun 2004 belajar di Nihongo gakkou. Setelah lulus masuk universitas Jepang jurusan anime (animation). Setelah satu tahun belajar Mr. Sonin memutuskan keluar merasa bukan bidang yang di inginkan. Karena selalu berada didepan komputer.

    Selanjutnya masuk universitas lain dengan jurusan Psikology 4 tahun. Pernah mengajukan porto folio ke 18 perusahaan namun semua nya ditolak.

    Pada akhirnya di ujung perjuangan nya ada salah satu perusahaan Jepang di Tokyo menerimanya dan di tempatkan di Osaka. Kantor nya 5 menit dari Osaka eki tutur beliau.

    Pada tahun 2016 bulan Februari dengan mimpi-mimpinya berhasil membuka " World Bisnis patner"
    Dengan 350 orang yang akan menemukan pekerjaan nya lewat lembaga yang beliau bentuk.
    Mr. Sonin berfikir banyak pelajar asing yang mempunyai semangat juang tinggi namun bisa jadi orang-orang Jepang belum mengetahui nya.

    Setelah pertemuan nya dengan Mr. Ken Sano selanjutkan akan bekerja sama membantu para pelajar yang ingin bekerja di Jepang.

    Ada 5 pesan dari Mr. Sonin, untuk memilih perusahaan ada beberapa hal yang harus di ketahui

    1. To Know myself
    Kamu harus tahu tentang diri kamu sendiri minat dan passion kamu di mana

    2. Be a honesty and sincercy
    Ada dalam bahasa Jepang istilah "Sunao"
    Yang intinya kamu harus bisa menempatkan diri.
    Jika kamu salah bilang salah dan minta maaf, jika kamu gagal atau tidak bisa katakan sejujurnya dan jangan banyak alasan atas apa yang kamu lakukan. Sekali lagi Kejujuran untuk orang Jepang adalah harga mati.

    3.Greeeting
    誰よりも先に挨拶元気!!
    Salam sapa dengan semangat sangat menentukan kesan di mata orang Jepang. Kepada siapapun ucapkan salam " ohayou gozaimasu" dengan ceria atau semangat dan terima kasih " arigatou gozaimasu"

    4. Japanese skill
    Bisa jadi kamu lihai dalam bahasa Inggris namun di dalam perusahaan Jepang sebagian besar mereka tidak menggunakan bahasa Inggris. Mau tidak mau belajar bahasa Jepang hal yang wajib kamu lakukan.

    5. Dreams
    Orang Jepang sangat suka pada orang-orang yang mempunyai mimpi, itu berarti mereka yang mempunyai mimpi siap untuk berjuang.
    Jika punya mimpi, maka kamu akan ada kekuatan besar untuk mewujudkan nya.

    Itulah sekilas tentang profil Mr. Sonin. Masih ada satu lagi yang di katakan nya sebagai mimpi pribadi Mr. Sonin ingin menikah. Itu artinya untuk kamu para jomblo silahkan mendaftar ada Account Fb nya di sini kalau kalian ingin tahu lebih dalam..
    (Siap jadi Mak comblang haha )

    Setelah acara selesai kami sempatkan foto bareng.












    Di acara meeting ini yang mungkin terkesan kaku namun kenyataan nya sangat santai sehingga kita bisa mengambil point point penting yang harus di ketahui jika ingin bekerja di perusahaan Jepa


  •  

    Hamazou Media lab. Hamamatsu. Seminar Blog saya ke dua di Jepang (Indonesia,Vietnam, Brazil)

    Kategori │seminar

    Hari minggu bukan berarti harus berdiam diri di apato donk.. walaupun jomblo aktivitas tetep lanjut ciiieee yang jomblo siapa tuch..
    malem minggu ini saya habiskan ngumpul bareng sohib-sohibJm yang super kocak .
    di lanjut lagi minggunya dapat undangan menghadiri seminar blog, acara ini memang sudah di tag beberapa hari sebelum hari H nya.



    ini lah seminar ke dua kalinya di Jepang yang saya datangi. dan mengingat saya juga suka ngeblog. capcus lah ya.. apalagi yang mengundang Advisor nya Hamazou langsung yaitu Mr. Sano. suatu kehormatan buat saya yang notabene masih pelajar di sini. namun dengan ketertarikan saya terhadap dunia tulis menulis ini jadi kesempatan emas saya untuk mengembangkan.


    kebetulan alhamdulilah nya saya di jemput langsung oleh beliau jadi ga perlu ngetem di terminal . terima kasih banyak Mr. Sano . (smile)
    di sepanjang perjalanan menuju lokasi kantor Hamazou media lab. sungguh saya mendapatkan motivasi untuk terus melanjutkan hobi saya yang satu ini. beliau banyak memberi motivasi dan arahan perihal blog yang saya buat di wagomu.id ini. ini bisa menjadi lahan mengembangkan hobi sekaligus mendatangkan pundi-pundi rejeki kata beliau. bisa menjadi travelling writer. apalagi klo saya balik ke Indonesia lapangan pekerjaan sudah menanti. alhamdulilah ya sesuatuh..





    seminar blogger ini di hadiri oleh beberapa pelajar asing di hamamatsu orang indonesia dan vietnam ada pula tamu spesial dari brazil yang beliau sebagai penerjemah di beberapa kantor di hamamatsu.

    di sela-sela seminar, kudapan di sajikan yaitu Unagimo yang dalam bahasa Indonesia berarti Ubi belut. ini bukan berarti ubi rasa belut ato ubi makanan belut bukaaannn.. ini Ubi yang memang karena rasa nya yang emmmmmm nyummmmiiiii lumer di mulut enak bingiiittttt
    yang tinggal di Jepang pasti tahu klo harga belut di sini amat sangat mahal untuk di konsumsi tiap hari dan rasanya memang cetarrrr. ubi alias Imo ini banyak di olah dalam bentuk makanan lainnya.

    ini berupa penampakan website nya:




    karena enak nya dan kualitas nya makanya ini Ubi di kasih nama UnagiImo. satu buah nya harga bekisar 500yen setara dengan 50rban
    klo buat makan nasi mah dah kenyang hehe. namun klo dah tahu rasanya Unagiimo yang ini emm ... jangan bilang mau lagi yak.hehe



    selain unagiimo ini juga ada Dorayaki dengan kacang merah yang muaaaniss klo makan nya sambil liat saya ya.

    ini nih makanan favorit doraeman. saya juga suka dorayaki makanya saya mirip Shizukahehe.

    saking empuk nya kudapan-kudapan itu, saya lupa klo saya sedang sakit gigi hehe abisnya bener-bener ga perlu ngunyah banget banget langsung bisa ketelen.

    tapi saat sebelumnya saya di hadapkan dengan hidangan favorit saya yang ternyata sudah di sediakan terlebih dahulu. terdengar dari dalam ,suara meronta-ronta dan bilang jangan kao masukkan makanan yang ini kedalam mulut.. yah itulah suara gigi saya yang sedang dalam penderitaan....


    nasi plus toping sushi (maguro ebi dan beberapa irisan jahe putih)

    kenapa seminar yang di bahas malah makanan yak hahaha
    karena memang seminar ini di buat se asyik mungkin dan kalau kalian mau bergabung ,,,yuuukk sama-sama ikutan next time klo Mr. Sano ngundang seminar lagi. inbox ye... see u next time



  •  

    Seminar WAGOMU pertama saya di HAMAZOU media lab.

    Kategori │seminar

    Menulis adalah media paling ampuh untuk mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran. dengan menulis kita bisa mengekpresikan diri. menulis juga meningkatkan daya ingat kita terhadap apa yang kita pelajari.

    Ketika melihat ada seminar ini apa salah nya ikut, pengisi acaranya kebetulan juga sudah akrab, so capcusslah menjelajahi tempat baru, kenalan baru tentu dapat dan otomatis pengalaman baru juga ada. lokasi di park town hamamatsu lokasi nya jauh memang dari tempat tinggal ku shizuoka - hamamatsu 70menit dengan kereta biasa namun waktu itu karna waktu giri-giri maka ku putuskan naek shinkanzen dengan waktu 20 menit saja . belum selesai sampai di situ dari stasiun harus di tempuh dengan bus 30menit untuk menuju lokasi kantor hamazou media lab. di park town hamamatsu.

    Yatta!!!! inilah blog wagomu saya semoga tulisan-tulisan saya kedepannya bisa bermanfaat buat pembaca. sharing tentang info apa saja motivasi, travelling, study and many more... face02
    saran dan kritik nya juga jangan sungkan yaa(n_n)p
    yoroshiku onegaishimasu... m(_ _)m



  •