https://www.facebook.com/nurul.jahidah.3

Mahasiswa Indonesia muda pekerja keras, berpendidikan dan hobi Traveling keliling Dunia

Kategori │University life

Bulan Maret di Jepang adalah bulan di mana para pelajar merayakan kelulusan nya. Mengundang rekan dekat, sahabat bahkan orang Jepang yang telah berjasa. bagi mahasiswa asing itu hal yang wajib untuk di lakukan.


Seperti yang sudah aku utarakan di artikel sebelumnya. Kali ini akan ku bahas tentang kelulusan salah satu instansi pendidikan di Jepang.
Dan lebih seneng lagi karna aku mendapat undangan khusus dari Senpai yang hari Selasa, 7 Maret 2017.
Telah di nobatkan lulus sebagai mahasiswa Kokusai kotoba Gakuin senmon gakkou.





Selain sambutan-sambutan dari para sensei. Acara di isi oleh seluruh mahasiswa sendiri.
Ada 4 macam bahasa yang mewarnai penampilan para lulusan di sini

1. Bahasa Jepang
2. Bahasa Inggris
3. Bahasa Korea
4. Bahasa China

Dan memang ke 4 bahasa itu target pasar ekonomi dunia. Yang pasti selain bahasa Jepang para lulusan memang di bekali dengan bahasa diatas. Dan tergantung minat para mahasiswa nya yang akan mereka kembangkan.

Saat mereka performance hanya bahasa Jepang dan bahasa Inggris saja yang bisa ku tangkap..secara aku kan ga belajar bahasa Korea dan China. Hehe

Destira Soraya salah satu mahasiswa Indonesia yang lulus dalam pergelatan ini. Yang di Indonesia nya sudah menempuh study m di Universitas Pajajaran Bandung. Dengan gelar Sarjana hukum makanya jangan coba-coba debat ama doi kalau ga kalah, kamu bisa jadi malah jatuh hati ... eaaaaa.

Hobi nya Traveling dan menurut penuturan nya yang wajib di coba dalam Traveling adalah berbagai makanan khas disana. tak tanggung-tanggung berbagai negara doi jajaki.. seperti


Singapura,


Malaysia,


Thailand,


Macau,


Vietnam,


Hongkong


Camboja,

mungkin masih ada yang belum aku sebutin.. Oiya Next sebelum pulang ke Indonesia. Rencana juga ingin ke Korea dan mampir Australia juga. Semoga Traveling nya menyenangkan yaaaaa..
Duit nya dari mana ya?? Tentu saja kerja keras gaess !!! Apapun yang kamu mau asal kerja keras dan konsisten semua bisa!! Tinggal kesungguhan dari mu.

Karna di Jepang memang memperbolehkan untuk mahasiswa asing study sambil freelance.. yang penting kamu bisa jaga kondisi kesehatan, mengatur waktu dan keuangan namun mahasiswa yang seperti itu sangat jarang di temui hahaha..


Saat perfomance dengan bahasa Inggris nya di atas panggung tak salah memang pernah menyabet juara speech contest yang di selenggarakan sebelum kelulusan nya.






Saat pengumuman pemberian penghargaan kak dedes begitulah panggilan nya maju lagi ke atas panggung. Beserta lulusan yang lain dari berbagai negara.



Di Jepang memang sangat menghargai kerja keras dan ketekunan mahasiswanya di lihat dari banyak nya kategori penghargaan yang di sebutkan.


Setelah semua selesai barulah para pengunjung dan lulusan bisa berbaur saling memberi selamat dan berfoto bersama.






Acara pelepasan memang sudah selesai, namun setelah itu pesta sebenarnya baru di mulai. Di adakan di tempat berbeda dengan standar restoran international dekat dengan gedung kelulusan.
Hanya para lulusan dan tamu undangan yang mengikuti acara ini karena berbayar
.








Dan aku salah satu yang beruntung karna dapat masuk dengan gratis hehehe makasih kak dedes
Sukses terus ya.. karena setelah lulus Akan balik ke Indonesia memulai Karir baru nya. Tetap jaga silaturahim, maaf ya kalau aku ada salah selama bergaul...
Don't stop Moving your dreams.


Gimana gaess buat kamu kamu anak muda Indonesia mau kah belajar di luar negeri ga harus di Jepang, namun kamu bisa konsisten dan pulang untuk membangun bangsa. Indonesia kita tercinta.



  •  

    Band pelajar Indonesia memeriahkan kelulusan di Jepang.

    Kategori │University life

    Hari ini saya mendapat kehormatan untuk menghadiri pesta kelulusan salah satu Senmon Gakkou di Shizuoka. Selasa, 7 Maret 2017.

    国際ことば学院外国専門学校

    Tidak semua orang bisa berpartisipasi dalam acara ini, hanya tamu undangan saja yang bisa masuk alias acara ini berbayar. Keuntungan buat saya sebagai Kameraman (amatir hehe) dan blogger undangan, bisa masuk dan makan sepuasnya dengan gratis hehe.

    Acara nya sangat meriah.. sebagai jiwa blogger sudah pasti menangkap moment spesial adalah hal yang tidak boleh terlewat kan...
    banyak sekali yang ingin saya tuangkan dalam blog saya..

    Yang menarik di sini adalah band yang memeriahkan acara ini adalah pure anak-anak Indonesia. Mereka pelajar yang menyalurkan hobi dan bakat nya melalui musik. Selain membawakan lagu manca berbahasa Inggris maupun bahasa Jepang.. tak ketinggalan justru lagu2 Indonesia yang banyak di minati pengunjung yang hadir di lihat dari antusias pengunjung.. salah satu lagu yang mereka bawakan adalah

    Bento- Iwan Fals





    Di Shizuoka terdapat grup band yang anak-anak Indonesia di Shizuoka pasti tau.. di gawangi oleh kang Inan yang memang sudah tinggal menetap di Jepang dan abah Agung begitu panggilan nya...yang bulan ini juga lulus dari study nya..
    Ada pula studio musik khusus mereka. Saya pun di undang untuk datang ke studio mereka... terima kasih ya sudah mengundang lain kali kalau ada kesempatan insyallah berkunjung.





    Hari ini memang hari yang sangat berkesan, walaupun bukan hari kelulusan saya namun saya ikut menikmati euforia kebahagiaan ini. Terima kasih untuk kak Dedes ( Destira Soraya ).
    Yang sudah memberi undangan khusus untuk pesta kelulusan ini.. akan saya ulas khusus juga di artikel terpisah tentang upacara kelulusan Ka dedes karna ada hal menarik juga yang sayang untuk di lewatkan. Tunggu artikel berikut nya.. makasih gaesss sudah mampir blog Saya. Salam ceria ^^V




  •  

    Untuk mu Indonesia

    Kategori │University life

    Kita memang berbeda warna ,
    Entah merah ataupun hijau ataupun warna lain...
    Di dada kita tertulis kan Indonesia..
    Warna kita memang tak sama itulah keberagaman kita..
    Beda suku maupun budaya.
    Maupun agama...
    Namun kita berani berjalan di depan untuk Indonesia tercinta..

    Keberagaman itu lah yang menjadi kan Indonesia kuat di mata dunia.
    Toleransi dan saling menghormati pondasi kuat nya Indonesia.





    Di manapun kaki ini berjalan Indonesia adalah negeri Kita tercinta..

    #internatiolCulture exchage
    #japaneseculture
    #インドネシア紹介


  •  

    静岡市役所交流会『世界の人とスキを語ろう』

    Kategori │University life

    静岡市役所17階に交流会を参加しました。社会人と留学生のみなさんを楽しみしましょうと言うイベントである。

    1月13日(金)に実施します「夜間講座」へのお申し込みました。
    交流テーマは
     ①あなたがスキなお母さんの味は?
     ②自分の国のスキなところ
     ③あなたの「マイブーム」は何ですか?
     ④あなたの『夢』は何ですか?
    4つのテーマでいろんな国の文化に触れていました。
       事前にイメージを膨らませました。留学生向け紙をもらって、4つのテーマを書きました。
     集合時間:『18:45』




     夜間講座は19:00~開始となりましたが、今回の講座は、受付に時間を要することが予想されました。持ち物の講座はコーヒーなどのドリンクを飲みながら、寛いだ雰囲気で行いたいと考えていました。






    そして、最後に「交流会(2次会)」について、会費「1000円」と支払いとなりました。

    主催者(企画者)で集まり、再度、検討した結果、「無料」とすることに決定しました。







    私にとってはこの交流会すごく感動しました。なぜかと言うと、社会人と一緒に話すのは日本語を勉強になりました。







    日本語でなく日本人の考え方も学びました。友達が出来て、嬉しかったです。また機会あればよろしくお願い致します。



  •  

    TOEIC ..apa bedanya dengan TOEFL dan IELTS

    Kategori │University life

    hari ini gue nyoba-nyoba ikut TOEIC di kampus. yang belum tau TOEIC itu apa
    TOEIC Test Of English International Commucation. intinya mah test kemampuan bahasa inggris lah yaa..
    tes bahasa Inggis untuk komunikasi internasional. TOEIC lebih khusus diperuntukan orientasi pekerjaan. Jika kamu ingin bekerja di luar negeri atau perusahaan asing , maka kamu harus memiliki sertifikasi TOEIC.

    trus apa perbedaan TOEIC, TOEFL and IELTS kalau TOEIC sudah gue jelasin di atas yang orientasinya ke pekerjaan karna gue di Jepang kebetulan nyambi ''nguli-ah'' and Jepang juga expert banget ama TOEIC so, tak ada salah nya nyoba.. toh ga ada kata ga lulus seperti JLPT. pasti lulus nya hanya saja dari skor kamu bisa liat kemampuan bahasa inggrismu. biayanya 4,115yen setara dengan 400rbuan klo di rupiah kan.. itu dah dapat diskon cz gue daftar nya lewat kampus. kalau appply sendiri katanya lebih mahal.

    ok lanjut ke IELTS
    IELTS singkatan dari International English Language Testing System, yaitu program tes untuk menguji kemahiran dalam berbahasa Inggris.IELTS biasanya digunakan untuk mengurus visa luar negeri, studi/sekolah ke negara-negara English-British (seperti Inggris dan Australia misalnya), pindah kewarganegaraan, dsb.

    jadi inget waktu sebelum ke Jepang, gue pengen banget ke Australia and harus ikut IELTS namun takdir berkehendak lain menuntut gue dengan sangat lembut ke Jepang. saking lembut nya penuh cucuran air mata untuk bisa ke sini #dramatisir.. ambil tisu.
    so, gue belom pernah ikut test ini.. katanya sih susah.

    Rentang skor tes adalah IELTS: 1 - 9. Jika akan digunakan untuk keperluan sekolah ke Inggris Australia, Kanada, Selandia Baru maka skor IELTS yang dibutuhkan adalah 5,5 ke atas.

    terakhir TOEFL
    TOEFL singkatan dari Test of English as a Foreign Language yaitu tes bahasa Inggris sebagai bahasa asing. TOEFL dipakai untuk mengukur kemampuan seseorang dalam bahasa Inggris. TOEFL diperuntukan bagi mereka yang hendak sekolah ke negara-negara English-American, seperti Amerika Serikat contohnya.

    TOEFL menurut aku lebih populer di Indonesia. terakhir ikut test waktu SMA dengan score sekitar 300an,lebih tepat nya lupa..

    Skor TOEFL berlaku selama 2 tahun. Jika lewat dari 2 tahun, kamu harus mengambil lagi tes TOEFL. Untuk bisa mengajukan beasiswa kuliah di luar negeri, skor TOEFL kamu minimal harus 550 (PBT). jadi kalau gue lulus SMA langsung ngajuin beasiswa, pergi ke kantor kedubes nya, baru ketemu tukang sapu nya langsung di tolak tuh..wkwkwk


    kertas panduan sebelum tes TOEIC di Jepang. jadi guys kalau kamu ingin tes TOEIC di Jepang mending belajar bahasa Jepang dulu yak... camkan itu..okey..hahaha


    kembali ke TOEIC disitu tertulis soal-soal yang harus di kerjakan selama test
    45menit listening
    75menit reading
    tanpa jeda istirahat. dan syarat yang tidak tertulis adalah dilarang mencoret-coret kertas soal apapun itu karena apabila itu dilakukan maka kamu tidak dapat nilai.. itu adalah ketentuannya.. ga tau kalau di Indonesia aturan itu berlaku atau tidak.
    untuk hasil nya kita nantikan bersama guys bulan januari awal .. nanti kalau hasil nya bagus gue upload dah hahaha.
    tunggu aja guys bulan january.









  •  

    国際交流バスシアー International exchange bur tour in Prefecture Shizuoka

    Kategori │University life

    11月20日(日)、パンフレトで見て、興味がありましたので、一か月前に手紙で申し込みました。残念ながら、返事見ると、私は同じ国の参加者が多くので、選べなかったと答えでした。しかし、一週間後、メールで送ってもらいました。カーサルした人がいましたので、参加できました。良かった。行く前に日程を自宅に送ってくれました。グルプも分けました。AからFまでグルプであって、私がAグルプになりました。





    この国際交流バスの目的は大学に通う留学生と日本人学生が交流をしながら、静岡の豊かな自然と文化に触れるバスシアーです。静岡の有名な観光地を歩き、日本文化を体験します。四つのところ予定あるんでしたが、三つのところしか行けなかった。
    集合場所が選べました。私は静岡駅ですから、掛川駅8:15時になりました。または浜松駅にもありました。7;15時にもっと早かった。この四つの有名な観光地
    1.掛川城でお茶体験
    掛川城の素敵な茶室でお茶を体験しました。













    2.アクティ森で草木染体験
    草木を材料とした染物でハンカチを作りました。







    3.可睡斎で座禅体験
    『座禅」とは、古くから伝わる姿勢を正しい精神を鍛える修行。忙しい毎日から離れて、心を落ちつける体験をしました。








    4.小國神社を見学。
    残念ながら四番目のところが行かなかったです。






    一日中なんですが、時間は過ごしてしまった。ほんとに楽しかったです。いろんな国の友達ができて、いい経験しました。
    また来年こういう国際交流あれば、参加したいと思っています。


  •  

    "The best poster presentation of JSOL 2016 in Tokyo is muslim student from Indonesia"

    Kategori │University life

    Tulisan ini khusus aku persembahkan untuk temen deket ku yang berprestasi, #peyuuukkkk
    minggu lalu dia menghadiri JSOL (Japan Solanaceae Consortium) official web nya bisa buka disini

    http://bioinf.mind.meiji.ac.jp/jsol/

    acara tahun ini di selenggarakan di 国際基督教大学 教養学部 アーツ・サイエンス学科 International Christian University di Tokyo. dan ini web dari kampus nya

    https://www.icu.ac.jp/liberalarts/



    ini adalah konfrensi khusus para peneliti solanaceae (tomat) dari berbagai negara di dalam nya terdapat sesi poster presentasi. dan dia dalam sesi itu memaparkan poster yang berisi tentang Tesis yang dia jalani selama research di Shizuoka university. bentar lagi lulus nih S2 nya...
    #kapan nikah nya eaaaaa




    kawan yang aku kenal sejak tiba di Jepang ini memang unik. semangat dan jiwa positif nya yang selalu menggebu-gebu untuk mencapai impian nya. selain itu dia juga pinter masak lhoo #promosiwkwkw

    okey.. yang ingin aku ungkapkan disini adalah hasil kerja keras dia selama hampir 2 tahun terakhir ini mulai menampakkan hasil. terbukti saat konferensi International di Tokyo jumat, 25 november 2016 kemarin. dia di nobatkan sebagai the winner dalam poster presentasi di acara itu. congratulation sob, I proud of you!!!!!




    kalian yang sebagai mahasiswa S2 terutama yang tinggal di luar negeri pasti mengerti betapa menyita waktu, pikiran dan tenaga untuk mempersiapkan mental dan fisik terutama persiapan poster untuk konfrensi sebesar itu. apalagi dengan arubaito alias kerja freelance, ''pacaran'' (dengan jurnal) yang juga harus di jalani.

    yang unik dari cerita sohib ku ini adalah..
    Dia satu-satunya mahasiswa muslim yang menjadi peserta dalam konfrensi tingkat International ini. selain mahasiswa jepang lain nya peserta lain juga datang dari belahan benua yang lain seperti eropa dan afrika. dan dia berhasil menyabet gelar juara dalam poster presentasi nya.





    "The best poster presentation of JSOL 2016 is Dinni Aryani"

    saat ku tanya apa yang membuat mu bisa menang?? dia pun menjawab bahwa
    dalam acara ini banyak sekali pengunjung yang datang dia melayani setiap pertanyaan satu per satu pengunjung yang bertanya pada nya dengan sikap dan pembawaan yang ramah dan sopan santun... dan berusaha menjawab setiap pertanyaan yang mereka ajukan dengan jelas dan detail.

    awalnya tidak ngeeh dengan cara penilain semacam ini. karena ini pertama kalinya untuk dia. ternyata sikap keramahtamahan ciri khas orang Indonesia ini yang mengantarkan nya sebagai pemenang. serta favorite para pengunjung. dan poster yang dia buat pun tersusun rapi dan menarik untuk di lihat, mudah untuk di mengerti. ada sentuhan seni di dalam nya..

    bisa aku simpulkan ''sains tanpa seni bagai manusia tanpa jiwa''

    tak dipungkiri dia pun mendapatkan apresiasi serta pujian dari berbagai kalangan, salah satunya Prof. Ramadan Arafa salah satu juri dalam acara ini. dari departement of frantier resaerch. dan berkata ''only you muslim student in here''. dan dia semakin senang dan bangga menjadi mahasiswa satu-satunya yang muslim di sini ungkapnya. ini semua hadiah dan pertolongan dari Alloh tambahnya.

    dalam waktu dekat ini pun tawaran S3 didepan mata wooowwwwww.... sob loe emang kerennnnn
    lets get next step... I always support you... fihgting.



  •  

    Culture exchange university of Shizuoka

    Kategori │University life

    Awal oktober ceria. Sebagai mahasiswa asing di Negeri orang sudah sepantasnya kita membanggakan negara kita. Dan memperkenalkan budaya kita ke berbagi negara lain.





    Dan inilAh event tahunan pertukaran budaya di salah satu universitas negeri di prefecture Shizuoka. Saya Bukan mahasiswa di sini namun saya datang sebagai undangan Perwakilan Dari PPI Jepang .. Dan kebetulan juga saya ditunjuk untuk jaga stand Indonesia




    Hari iTu Indonesia menampilkan Tarian Dari Batak oleh mahasiswa di kendai




    Selain iTu juga negara lain seperti Mongolia, China, Myanmar, Vietnam, Taiwan,Nepal juga menampilkan budaya Nya masing-masing. Terpampang juga peta yang menggambarkan ciri khas negara masing-masing
















    Dan unik Nya di situ hanya Indonesia yang mempunyai stand khusus untuk siapa saja ingin mencoba baju khas indonesia.
    Di akhir acara semua pengunjung berfoto Bersama Namun sayang foto Bersama saya blom mendapatkan nya.




    Yang saya tahu Ini event yang luar biasa menyatukan pelajar indonesia Dari seluruh shizuoka. Saya pun banyak kenalan Serta info baru seperti bagaimana mengembangkan diri Dari hasil kita belajar di Jepang. Karena Ada juga mahasiswa yang sudah lulus dan bekerja di Jepang.
    Pelajaran yang bisa di ambil adalah aktiflah di berbagai event disitu kita bisa dapat kan pula manfaat untuk pengembangan diri.
    Selamat bertransformasi ^^








  •  

    Semangat baru tantangan baru di Universitas Jepang

    Kategori │University life

    Setelah dua bulan libur musim panas akhirnya kembali ke rutinitas yang penuh tantangan.
    Semester kemarin Aku ambil 20 ska Melihat hasil hasil nilai satu semester kemarin nampaknya Kedepan Aku Harus lebih Semangat lagi ... Ada 2 mata pelajaran dapat Nilai S( 90 ) dan A (80)satu mapel . Yg lain standard .

    Satu Nilai yang mengecewakan Aku gagal dan Harus ngulang.. Lebih tepat Nya Harus nyari Nilai tambahan untuk meningkatkan Nya lagi... Dan Ini pelajaran yang tak Ada greget Nya sama sekali ... Menurut Ku. Tapi Menjadi pelajaran Wajib sampai Nanti Aku lulus





    .InilAh ruangan Nya. Banyak yang gagal .untuk mahasiswa asing hanya 2 yang lulus dan itu pun dapat C(60-69)

    Sebagai mahasiswa asing di Jepang ga gampang lo.. Tiap pelajaran pastinya penuh dengan ribuan kanji.. Dan iTu kamu Harus faham maksudnya.. Jadi untuk dapat Nilai S atau A sangat sulit . Dan lebih sakit hati Nilai dimana Aku yang gagal absensi 100%duduk sudah paling depan tiap pelajaran Ini.

    Pagi Ini pun tidak sengaja bertemu dengan Sensei mata pelajaran Ini. Sempat ngobrol panjang lebar yang intinya beliau minta maaf Karna hasil ujian Ku Nilai Nya di bawah standard. Sensei Nya memang baik Namun memang Standard kelulusan Sensei satu Ini tinggi. Waaah kecewa sih Tapi banyak temen Nya hahaha.. Yang paling penting Sekarang adalah mood untuk belajar kembali normal dan Siap bertarung lagi..yakin n????

    Nb: semester Ini Aku dapat zemi Sensei (Wali kelas) yang kibishi (strength) banyak masukkan Dari temen yang sudah pernah ngambil kelas nya. Sensei Ini kurang suka sama mahasiswa asing ,Kalau kamu telat di kelas beliau, kamu bakal langsung di Marahi depan kelas.
    3kali kamu tak masuk maka kamu out Dari kelas Nya ... Oh my goodness 180%berbeda dengan zemi Sensei Ku semester kemarin... Musik horror pun terdengar .. Dan suara keras pintu tiba2 tertutup ...JEDEERRR@&@#+*=€£$><~|\•€>?


  •  

    企業訪問「Marukami corporation ,Suzuyo&Co.,Ltd」

    Kategori │University life

    企業訪問を参加しました。
    二つの会社で見学時びっくりしたことがありまして、すごく大きな会社を作っただ!












    アメリカや
    中国や
    インドネシアにも
    この会社があります。








    本日、たくさん学ぶことをしました。
    自分の将来ははっきりまだ決めてないですが、その経験のおかげで、自分の考える方はどんどん増えています。
    良い将来が見られます。




    卒業したら、どこかに仕事したい決めた方がいいと思います。この間にたくさん勉強して、自分の決めた会社で頑張って仕事しようと思っています。うん頑張りましょう☆*:.。. o(≧▽≦)o .。.:*☆



  •