https://www.facebook.com/nurul.jahidah.3

Sebuah perjalanan arti kegagalan

Kategori │University life

<<..... Review buku.....>>
Ditahun pertama bergelut dengan dunia pendidikan di Jepang saya pernah GAGAL dalam suatu mata kuliah ekonomi nama mata kuliahnya 経済会計 (accounting) apakah saya basicnya ekonomi ??? Oooo tidak bahkan kelas seminar saya Belajar tentang bahasa liat movie baca novel dengerin lagu dan cari arti kata yang tak dimengerti....(iyaa biar nanti aku bisa ngertiin kamu eaaaaa ko tiba2 perutku pusing yak) uniknya kampus saya itu Disitu, saya konsentrasi ke bidang bahasa namun bisa ambil mata kuliah di bidang lainnya (seperti ekomoni, psikologi dan pariwisata) dan tiap bidang itu banyak sekali mata kuliah yang lebih detail lagi.


buku paket kelas 経済会計

namun kenapa saya ambil mata kuliah itu. Karena di rasa perlu untuk masa depan. apalagi sebagai perempuan kan harus pinter pinter ngatur Keuangan iyaaakann. Mentri INDONESIA kita saja perempuan Ibu Sri Mulyani yang di akui oleh INTERNATIONAL dengan penghargaaan beliau yang diperoleh secara berturut-turut. 4 Mei 2019 beliau juga menghadiri pertemuan tingkat International The role of sustainable development di Fiji, Jepang. Sumber bisa lihat Instagram Beliau



Tapi tetep seorang Pemimpin itu harus Laki-laki yang mampu mengayomi memberikan rasa aman, nyaman dan bisa mengontrol Emosi. Nah balik ke topik, untuk meng-upgrade otak, ini adalah TANTANGAN buat saya mengambil kelas accounting yang otomatis dengan bahasa Jepang yang basicnya saya tak mengerti Sama sekali tentang accounting Jepang. Dan saat itu juga keinginin untuk membuat bisnispun muncul kalau tidak salah ingat,itu di tahun tahun awal berdirinya @grammar_cafe.

Full saya ikuti kelas selama satu semester, sistem belajarnya berpacu pada buku dan tiap pertemuan harus mengerjakan soal yang sensei terangkan minggu sebelumnya dari soal soal itu harus bisa tanpa liat bukunya..alhasil saat ujian akhir adalah penentu Lulus tidak nya dalam mata kuliah itu.. sudah bisa di tebak hasilnya saya belum BERHASIL alias gagal saya tidak ambil lagi kelas itu.

Penyesalan sempat menghampiri namun pengalaman adalah guru yang TERBAIK benerkan..?? Karena pengalaman negative akan memicu otak kita untuk berusaha lebih baik lagi...

nah di tahun ini... dengan sensei yang berbeda saya TANTANG DIRI SENDIRI untuk mengambil mata kuliah 日商簿記 sensei berasal dari Korea yang sudah lama menetap di Jepang. mata kuliah yang ditargetkan bisa menguasai pembukuan sebuah perusahaan-perusahaan besar di Jepang.

Buku paket 日商簿記

Kita tahu bahwa Industry di Jepang itu sangat maju dan semua pegawainya di tuntut harus mempunyai skills dalam bidang yang mereka kelola. Terus terang saya terkesan dengan sensei yang satu ini. Beliau tegas walaupun sebenarnya saya orang yang SELOWWW Abis, 10menit sebelum kelas di mulai sudah hadir. Beliau selalu memberi nasehat dan arahan tentang bagaimana mengatur keuangan dan kemampuan sebagai mahasiswa kedepannya... tidak semata mata kami di jejali tentang teori dan rumus perhitungan pembukuan. Tahun lalu juga saya salah satu mahasiswa yang terlibat dalam Project nya dalam pengisian Angket beliau bersama mahasiswa anak didiknya ( mahasiswa Jepang, China dan Indonesia). saya dengar Projectnya berhasil. salah satu yang terlibat pembuatan Project itu ada salah satu mahasiswa Indonesia dan saya kenal. Akhir tahun 2018 kemarin saya membuat usaha baru @BunpoMart yang bergerak di bidang retail sembako Alhamdulilah tiap bulan hasilnya ada. berharap bisa sukses dan berdampak positive bagi lingkungan Aamiin.

Selama Golden week libur 10 hari kemarin pun (pengangkatan kaisar baru Jepang) saya manfaatkan untuk mengerjakan tugas-tugas dari Sensei.
homework日商簿記




Saya yakin " man jadda wa jadda " barang siapa yang bersungguh sungguh maka akan BERHASIL. ❤

وَالَّذِيْنَ جَاهَدُوْا فِيْنَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا ‌ؕ وَاِنَّ اللّٰهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِيْنَ

‘Dan bagi orang-orang yang berjuang untuk Kami, sesungguhnya Kami akan memberi petunjuk kepada mereka pada jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang berbuat kebaikan’ (Q.S. 29 / Al Ankabut : 70).


  •  

    Kisah Senseiku di pedalaman Papua New Guenia

    Kategori │University life

    Ini menarik sekali hingga tanganku gatal ingin ku tulis di blog. Dalam ruangan kuliah yang cukup luas dan aku duduk di barisan belakang namun suara lirih sensei(dosen pengajar) masih jelas terdengar. Sensei sama sekali tidak melucu namun pengalaman yang beliau ceritakan 30tahun yang lalu ketika Research di pedalaman Papua New Guenia, membuatku berfikir bahwa setiap hidup seseorang ada moment dimana dia harus bertahan sendiri. Beliau bercerita survive di belantara hutan di tipu orang saat umur 20tahuan yaaahh paling tidak seumuran penulis saat inilah. serta culture shock yang beliau alami di ceritakan secara detail dan menarik.

    Catatan kecil tentang kuliah yang beliau ajarkan.

    Sangat berat namun justru ada saatnya moment itu Lucu. Aku dengan seksama mendengarkan dengan santai sambil membayangkan tiap kata perkata yang dia ucapkan dengan bahasa Jepang dan inggris. sesekali aku pun tak bisa tahan tawa, anehnya hanya aku dan beberapa temen di barisan depan meja ku yang ikut tertawa. Entah sebagian besar yang lain tidak menyimakkah ato justru menganggapnya aneh?? Entahlah ... pengucapan bahasa inggris nya pun mudah di pahami berbeda dengan pronunciation orang Jepang pada umumnya.


  •  

    Journey is the way to reach destination ( poet analyze Robert frost)

    Kategori │University life

    Robert Frost (March 26, 1874 – January 29, 1963) was an American poet. His work was initially published in England before it was published in America. One of the his famous poem is Stopping by Woods on a Snowy Evening.

    Stopping by Woods on a Snowy Evening
    BY ROBERT FROST

    Whose woods these are I think I know.
    His house is in the village though;
    He will not see me stopping here
    To watch his woods fill up with snow.

    My little horse must think it queer
    To stop without a farmhouse near
    Between the woods and frozen lake
    The darkest evening of the year.

    He gives his harness bells a shake
    To ask if there is some mistake.
    The only other sound’s the sweep
    Of easy wind and downy flake.

    The woods are lovely, dark and deep,
    But I have promises to keep,
    And miles to go before I sleep,
    And miles to go before I sleep.

    In the title, "Stopping by Woods on A snowy Evening", we can imagine the beauty felt by speaker. He saw a scene in a very beautiful atmosphere. In this case elements related to nature become the main focus in this poem. This title means a stop by the speaker himself. This title will affect the entire contents of this poem.

    In the first of paragraph "whose woods these are I thinking I know", l see in the word “these are” This indicates that he already knows about the ownership of this forest. I can see in this case, he is a man who has no forest, because he just passes this forest by horse.

    The phrase "My little horse" in this case is also very important, because this horse thinks that this is all weird, "must think it queer" (line 5). This horse is like a reminder there are something he has a promise that must be kept. Due to the discomfort of the horse, "to ask if there is some mistake" (line 10), then he continue the journey. In the last stanza, it is clearly revealed that he finally decided to leave the place, because "... I have promises to keep" (line 14).

    He feels that he must leave these beautiful scenes immediately, and he decides to leave because there is a promise he must accomplish, and he feels his journey is so long. He feels this is not the place where he should be so getting away from that place might be better for him.
    He was willing to sacrifice his desire to be there, feeling that something bigger had been waiting for him somewhere.
    It was written in the book of a collection of critical essays by James M. Cox “If he does not strike far inward, neither follow the other great American tradition (extending from Whitman through Dos Passos) of standing on a height to observe the panorama of nature and society.


    My pic in Shirakawago, Japan.

    In this situation remember me about my experience when l went to Shirakawago at the first time in Japan not for travel but l got a part time job for survey location. I was alone at that time. I passed lake, forests and village with snow a round l looked. It was beautiful scenes l want to stay along to enjoy that moment but l could not because l have a purpose to finish my job. That the reason why l chosen this poem l like natures and it is like described my experience at 1 year ago.








  •  

    Emily Dickinson "I heard a Fly buzz, when I died"

    Kategori │University life

    I want to analyze about of American literature research. this analyze I wrote in my course. it is about Emily Elizabeth Dickinson (December 10, 1830 – May 15, 1886) was an American poet. I know it is sad poetry and I little bit dislike of sadness. because I get good score for this lesson ''A'' I trying write it in my personal blog lol. I attended class of Mr. kobayasi on the 16th of May “I heard a Fly buzz, when I died”

    I heard a Fly buzz - when I died -
    The Stillness in the Room
    Was like the Stillness in the Air -
    Between the Heaves of Storm -

    The Eyes around - had wrung them dry -
    And Breaths were gathering firm
    For that last Onset - when the King
    Be witnessed - in the Room -

    I willed my Keepsakes - Signed away
    What portion of me be
    Assignable - and then it was
    There interposed a Fly -

    With Blue - uncertain - stumbling Buzz -
    Between the light - and me -
    And then the Windows failed - and then
    I could not see to see -


    Drawing scenes and moods when someone encounters death, the storyteller in this poem begins the mood of death when the fly flies through the air around her deathbed. The narrator then describes the atmosphere of the room where she was in death. In the following words there is a different atmosphere, a real opposite. The sound of a fly buzzing with a quiet room.
    Trying to emphasize the parable of silence in a stormy atmosphere, Have we ever been in a storm ?, and felt how wet, warm and stifling the air after the calm we feel? Or think about the eye of the storm, the strange, silent, frightening moment that comes before the other half of the storm roars. At death, when the body is ready and death picks up, after life in the end get ready for the next surprise. The dirty bug fly, she tried to portray foreign things far from fun.
    The next verse, the narrator describes the people she left behind, her closest friends, when the crying was over, when the tears had dried up, the sincerity let go, the peace. They prepare themselves for the next thing, something to come. Then comes the word “King”,who is the king? I my opinion it is Not God, the King is death itself, the death that always awaits our coming, every one.



    Emily`s quote


    But the next verse, Fly appeared, flies came. When our minds are brought toward the spiritual, calm and gloomy, we are forced to re-think of the dirty little flies. Fly is not a beautiful butterfly, then what does she mean by "blue" and tripped by Buzz? We strive to focus on the "fly" that comes between the narrator and the light. There are two things to think about when reading them. The first flies come when the woman is dying and some light in the room is like a candle.
    The second is that when she had spoken of a quite spiritual thing that the king appeared, it could have appeared just after the death, an uncomfortable feeling by the hum of the fly and the air given by the fly, then changed as she felt the light approaching her. Then she ended everything with her failure to see the world she once felt And then the Windows failed - and then “l can not see to see”. She has really gone, to find what we call the soul window. Is it true that death will come to us later? According my analysis in paragraph two, Yes I believe that every one will death sooner or later. The important thing is we should be prepare for that. Do the best what can l do in our life and believe the death only God know.







  •  

    Kuliah tidak sekedar untuk belajar saja bisa juga untuk perluas jaringan.

    Kategori │University life

    Kehidupan menjadi mahasiswa asing memang banyak hal yang bisa di ceritakan.
    Dari susahnya ngatur waktu untuk belajar baito dan beribadah oiya satu lagi untuk berorganisasi.
    Sejak SMA aku terlatih untuk bergabung dengan organisasi di sekolah seperti Pramuka klub bahasa dan klub Olimpiade biology.
    Sehingga kebiasaan itu kebawa hingga sekarang. Yaaa aku tau umur dah ga remaja lagi namun jiwa muda ga da salah nya klo terus dipupuk untuk hidup yang lebih baik bukan. Hahaha

    Inilah salah satu klub yang aku ikuti di kampus...





    Memperkenalkan tentang english circle di depan seluruh mahasiswa baru.

    Di Jepang tidak ada namanya ospek dari senior ke junior. Yang ada adalah Orientasi saja untuk memperkenalkan berbagai bentuk extrakulikuler maupun kegiatan apa saja yang bisa para mahasiswa ikuti. Dari olahraga, seni hingga volunteer. Gimana ga banyak yang ikut klub kami coba, senior2nya aja kece kece badai gini hahaha...

    Karena penunjukan leader telah di sematkan ke saya waktu itu. Dengan segenab hati sayapun menerimanya. Paling tidak untuk ke depan aku masih di bimbing leader yang lama (no 3 dari arahku) karena banyak yang harus di urus. Dan foto diatas awal perkenalan ku sebagai leader baru klub english di kampus.

    Bahasa inggris mu bagus ya ko bisa jadi leader?? Hahaha enggak . Bahasa inggris ku biasa saja.
    Kekuatan komunikasi dan keakraban klo aku pikir sih haha.


    Saat beberapa member ngumpul dan sebagai leader yang harus mengorderkan pizza huaaa

    Kalau kuliah hanya di isi dengan belajar dan baito serasa byk tekanan kalau ku pikir. Dan ini lah salah satu cara bagi mahasiswa asing untuk memperluas jaringan. Intinya jangan lupa jaga nama baik agama dan negara. Dengan kebiasaan baik yang kita lakukan akan berdampak baik pula untuk diri kita.
    Dan aku yakin mereka pun akan bisa mengerti tentang jati diri kita. Apa saja larangan dan hal hal yang harus kita hindari mereka pun akan mengerti dan bisa menghormati. Trust me


  •  

    Seklumit obrolan menarik menyambut ramadhan bersama teman dan sensei di Jepang

    Kategori │University life

    sesuai Judul yang panjang kayak Gerbong kereta Argo lawu. Tentang itu yang akan Aku tulis. Ok langsung aja.
    Saat ingin naik lift di salah satu gedung kampus, berpapasan dengan 2 temen Jepang dan 1 mahasiswa asing yang hendak pergi ke kelas mata kuliah yang sama.

    Kelas ada di Lantai paling atas, kami pun cukup punya waktu berbincang ria. Salah satu dari mereka tiba-tiba melontarkan pertanyaan
    “ラマダンもうすぐくるだよね〜?“ ( ramadhan bentar lagi mau datang kan yak?) bertanya penasaran padaku.
    Aku cukup kaget mendengar pertanyaan itu?
    “そうですね、来週ははじまる。ええ、してるの?” (iya minggu depan mulainya.eh, Ko kalian tau?). Jawabku sambil terheran.
    Mereka pun serentak menjawab ada siarannya di TV di Jepang lho...
    “本当に?知らなかった。”(benarkah ? Aku ga tau.)”
    Karena aku memang ga pernah nonton TV.

    Mereka pun tau kalau puasa itu dilakukan 1 bulan penuh.
    Sampai di kelas pun sensei ku bertanya. Dengan pertanyaan yang sama tentang ramadhan. Aku pun menjelaskan semampuku.

    di mata kuliah ini hanya di ikuti 9 mahasiswa saja. Setiap percakapan pun sangat intens antara sensei dan mahasiswa lainnya. For your information sensei ku asli Amerika yang fasih berbahasa Jepang. Dan ku pikir mata kuliah ini mata kuliah favorite ku ..



    (theory of second language)

    akupun bebas menggunakan bahasa Jepang maupun bahasa Inggris tanpa ada komplen hahaha..karna orang Indonesia hanya Aku sendiri so, hanya ada 2 pilihan bahasa itu.



    Intinya gaesss gue seneng menyambut bulan ramadhan yang penuh berkah. Tak akan ada pertanyaan skeptis dari temen2 maupun sensei2 saat ku melaksanakan puasa Nanti. Alhamdulilah ya sesuatu Klo Syahrini bilang mah...

    siap kah kalian menyambut datangnya bulan suci??? Semangat ya luuurrrr



  •  

    Sidang Dadakan Kampus

    Kategori │University life

    Terlihat cerah dan bersinar hari ini namun ketika berjalan di luar tetap dingin terasa...
    untung itu bukan sikap mu pada ku tapi cuaca hari ini yang kumaksud. ( okey ini bukan gombalan tapi intro kalimat pembuka untuk artikel kali ini face197) 

    memilih baju yang cocok agar percaya diri timbul namun tetap ada saja rasa deg deg an. Hari ini terpilih menjadi perwakilan kampus mewakili mahasiswa asing. Dari perkenalan yang sudah dilakukan, sensei-sensei yang menginterview kami, mereka dari Ishikawa, Fukuoka, Kyushu entah yang tiga lain nya aku lupa. Seperti sidang dadakan, tidak ada bocoran apa yang akan ditanyakan dalam sidang dadakan itu. hanya saja seminggu sebelumnya sensei memberi tahu padaku. kalau aku terpilih untuk mewakili kampus dalam acara ini.




    Hari itu pun tiba, ada 6 sensei dan 6 mahasiwa dalam ruangan sidang tertutup itu, 2 mahasiswa asing satu orang dari china dan satu orang dari Indonesia yaitu aku. dalam waktu 30menit berbagai pertanyaan di lontarkan satu persatu kepada kami tanpa henti. alhamdulilah pertanyaan-pertanyaan dengan lancar bisa terjawab. awalnya sensei sensei pembimbing kami sedikit khawatir karena sidang dadakan ini menyangkut nama baik kampus.

    setelah 30 menit sidang selesai kami pun lega keluar ruang sidang pun tak ada beban, namun masih ada pertanyaan dalam hatiku, dari banyak nya mahasiswa asing kenapa aku yang terpilih sedangkan yang lebih berpotensi banyak, pertanyaan ini belum sempat ku tanyakan pada sensei. yang pasti aku berusaha menjadi diri sendiri dengan kerudung biruku dan menunjukkan apa yang aku bisa. semoga hari ini menjadi pengalaman berharga untuk masa yang akan datang. entah apa keuntungannya yang penting positif thingking aja hehe. face117
    ada atau tidak nya faedah dari artikel ini untuk kalian aku tidak tahu semoga saja ada. aammiin yang pasti aku hanya ingin mencorat-coret blogku dengan pengalaman ku yang ada.



  •  

    Teriknya mentari dan kebahagiaan mahasiswa dari hal sederhana

    Kategori │University life

    Siang tadi di terik nya mentari. Masih di bulan ramadhan. Zemi kurasu alias kelas seminar tiap jumat. kami beraktivitas di luar ruangan tepatnya di taman milik kampus.

    Tak hanya membicarakan tentang materi yang kami pelajari, kami pun sering membicarakan tentang negara masing-masing. Tak luput kadang tentang agama saya hehe





    Hari ini spesial, sensei lain (bukan sensei yang mengajar namun semua siswa mengenalnya) memanggil kami berdua yang muka nya nampang di foto. Pergi ke vendhing mechine deket taman dan di minta ambil minuman sebanyak anak yang ikut kelas saat itu.

    7 teman plus 1 sensei kelas yang mengajar berterima kasih dengan muka bingung sekaligus senang hahaha.

    Karena masih bulan puasa, terima aja minuman nya namun tidak saya minum saat itu. Sebenarnya Temen-temen tahu kalau saya sedang puasa namun sensei yang memberi mungkin lupa kalau saat ini masih bulan puasa.

    Lalu sensei yang kelas kami pun mengejar sensei lain itu. entah apa yang di bicarakan kan namun yang pasti beliau bilang "karena siswa-siswa kelihatan semangat dan menyenangkan jadi saya belikan minuman " kata sensei , yang di sampaikan pada kami..

    Dari situ tercetus lah di akhir kelas sebelum libur musim panas, sensei ada ide untuk di adakan makan-makan bersama dan mengundang sensei yang sudah mentraktir minum tadi.
    Ini namanya barang siapa yang "Sodaqoh" pasti mendapat lebih. Right??

    Karena "bersyukur" salah satu teman mengabadikan moment ini. Dan pas sekali yang kena jepret muka nya dua orang yang mengambilkan minum dari sensei yang mentraktir. Moment seperti ini akan jadi kisah klasik masa depan ku nanti hehehe


  •  

    Welcome Party New member International student

    Kategori │University life

    5月24日(水)、本学のすぐ近くの素敵なお店で日本人学生と留学生に集まっていただき、新入スタッフ歓迎会を行いました。参加者たちは国の境界そして先輩と後輩の垣根を越えて交流を深めました。





    食事はそれぞれの国の留学生の宗教などの習慣を配慮し、バイキング形式で行いました。参加者に自己紹介をしていただき、笑顔が絶えない楽しい時間を過ごしました。





    新しい仲間が加わり、これから様々な行事に向けて、みんなで助け合いながら力を合わせて取り組んでいただき、充実した学生生活を過ごしていただけることを期待しております。

    24 mei lalu saya mengikuti welcome party untuk mahasiswa baru untuk bergabung menjadi staff RyuugakuSei dimana jenis extrakulikuler yang di ikuti mahasiswa Jepang maupun mahasiswa asing.

    welcome party ini memang rutin di adakan tiap tahun dan tahun ini tahun terakhir saya mengikuti nya. karna tahun depan insyallh lulusss!!! aamiin ya Alloh hehehe. artikel itu saya sadur dari blog resmi yang di kelola sensei sendiri... http://eiwarcenter.blogspot.jp/2017/05/blog-post_30.html


    setelah ku buka-buka lagi ada pula kenangan tahun lalu dengan berbeda lokasi. Dalam setiap moment memang sering nya saya sendiri ato satu dua orang saja dengan sama negara.

    6月24日(木)、静岡市内のお店で日本人学生と留学生計26名に集まっていただき、新入スタッフ歓迎会を行いました。先輩と後輩の垣根を越えて笑顔が絶えない楽しい時間を過ごしました。





    新しい仲間が加わり、これから様々な行事に向けて、みんなで助け合いながら力を合わせて取り組んでいただき、充実した学生生活を過ごしていただけることを期待しております。

    Untuk belajar di luar negeri ini cara ampuh untuk memperluas pertemanan dan mengasah kemampuan komunikasi, secara otomatis rasa percaya diri akan tumbuh dengan sendirinya.


  •  

    Hometown "Solo" Indonesia

    Kategori │University life

    Hi guys....
    have you been to Indonesia ??
    if you plan to go on holiday to Indonesia.
    I recommend Solo. It's near from my Hometown.

    you can go there by plan about 7 hours.
    from Jakarta airport transfering planes at Jakarta airport . It takes about 1 hour to Solo airport.

    Solo is the spirit of Java.
    I had been, "Keraton Solo" it's also known as Royal palace.




    on July, you can see The Solo Batik Carnaval'' and take pictures with batik models.
    Batik is a traditional cloth of Indonesia.



    you can also visit Sriwedari at night to see "Wayang Solo'' like Kabuki in Japan,
    and then on the last night you can eat food at a street stall.






    you can go shopping for traditional cloth at Klewer market.
    so many types of batik are sold there, the batik market is better than others market in Solo, because it is biggest and cheapest market, I think. if you go there, you should buy souvenirs, handicrafts and batik.

    this blog's content had been presented by me.

    If you go to Indonesia on holiday, please visit solo someday.
    thank you for reading my blog. (n_n)


  •